Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:26 WIB | Sabtu, 12 November 2022

Kasus COVID-19 Naik dalam Enam Pekan Terakhir

Virus COVID-19. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kasus COVID-19 di Indonesia terjadi kenaikan dalam enama pekan terakhir, baik kasus positif, kasus aktif dan kematian. Dibandingkan pada enam pekan sebelumnya yang berkisar antara 12.000-19.000 kasus positif per pekan.

Saat ini, Indonesia memiliki 30.000 kasus positif tambahan pada sepekan terakhir yang menimbulkan peningkatan kasus aktif menjadi 37.000 kasus dan 232 kematian.

Namun Satgas COVID-19 menyebutkan ada kabar baiknya, angka keterisian tempat tidur atau BOR di tingkat nasional berada di sekitar angka 10% dengan ketersediaan 57.000 tempat tidur. Kata juru bicara satgas, Wiku Adisasmito. Itu karena tingkat kesembuhan yang tinggi sepanjang tahun 2022.

“Sepanjang tahun 2022, persentase kesembuhan rata-rata 95%. Bahkan dalam enam pekan terakhir kesembuhan stabil di angka 97%.” katanya.

Tren peningkatan kasus dalam enam terakhir ini harus ditangani lebih lanjut oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, utamanya di tingkat Provinsi. Sebagai informasi, Provinsi DKI Jakarta menjadi yang tertinggi untuk kasus positif yaitu 11.422 kasus positif sepekan, Jawa Tengah menjadi yang tertinggi untuk kematian yaitu 63 kematian sepekan, dan Sumatera Selatan menjadi yang tertinggi untuk BOR sepekan yaitu 22,83%.

Kembalinya aktivitas sosial ekonomi yang mulai seperti sedia kala harus dibarengi dengan tingkat protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman. Rendahnya protokol kesehatan ditambah adanya kenaikan mobilitas hingga 29% untuk tempat rekreasi, berbelanja dan perkantoran dapat memicu lonjakan kasus COVID-19.

“Mohon untuk diperketat kembali protokol kesehatan di tempat-tempat umum dan kegiatan-kegiatan sosial ekonomi yang sudah berjalan dan kepada yang mengalami gejala COVID-19 maupun berkontak erat dengan pasien positif, mohon untuk segera testing.” kata Wiku.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home