Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:36 WIB | Sabtu, 12 November 2022

COP27, PBB Gunakan Sistem Peringatan Gas Rumah Kaca dari Luar Angkasa

Program lingkungan PBB meluncurkan platform baru untuk menggabungkan sistem yang ada untuk melacak kebocoran metana yang kuat dari ruang angkasa.
Suar membakar metana dan hidrokarbon lainnya di fasilitas minyak dan gas di Lenorah, Texas, 15 Oktober 2021. Program Lingkungan PBB mengatakan pada hari Jumat, 11 November, bahwa Sistem Peringatan dan Respons Metana baru untuk membantu perusahaan bertindak berdasarkan sumber emisi utama tetapi juga menyediakan data secara transparan dan independen. (Foto : dok.AP/David Goldman)

SHARM EL-SHEIKH, SATUHARAPAN.COM-Penghasil besar gas metana yang memerangkap panas dapat menjadi peringatan dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mulai tahun depan, ketika badan global itu meluncurkan platform baru untuk menggabungkan sistem yang ada untuk melacak gas rumah kaca yang kuat dari ruang angkasa.

Program lingkungan PBB (UNEP) mengatakan pada hari Jumat (11/11) bahwa Sistem Peringatan dan Respons Metana yang baru, singkatnya MARS, dimaksudkan untuk membantu perusahaan bertindak atas sumber emisi utama tetapi juga menyediakan data secara transparan dan independen.

Ini mengacu pada pengukuran satelit yang dilakukan oleh NASA dan badan antariksa Eropa, Jerman dan Italia. Data dari operator satelit swasta juga akan dimasukkan di masa depan.

“Masing-masing instrumen ini memberi kita jawaban yang benar untuk pertanyaan yang sedikit berbeda, karena masing-masing dari mereka melihat hal yang berbeda,” kata Manfredi Caltagirone, kepala Observatorium Emisi Metana Internasional di UNEP. “Jadi satu-satunya cara Anda dapat memiliki gambar yang benar adalah dengan menghubungkan semuanya.”

Data Netral dan Dapat Diandalkan

Data akan dirilis 45 hingga 75 hari setelah dikumpulkan, yang berarti perusahaan akan memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki kebocoran pada saat mereka dipublikasikan.

“Kami pikir penting untuk tidak hanya membuat alat yang mempermalukan, tetapi untuk melibatkan operator dan pemerintah, sehingga mereka dapat bertindak pada acara tertentu,” kata Caltagirone.

Melepaskan pengukuran pada platform yang didukung PBB juga akan memastikan bahwa itu dianggap netral dan dapat diandalkan, memberikan standar yang mencegah perusahaan dari "berbelanja" untuk data yang membuat mereka terlihat terbaik, katanya.

Tidak akan ada cara untuk memaksa emitor untuk mengambil tindakan sekalipun. “Kami realistis bahwa perusahaan dan negara tertentu akan lebih kooperatif daripada yang lain,” kata Caltagirone. “Tetapi kami dapat memastikan informasi ini tersedia bagi mereka yang tertarik.”

Data pertama akan dipublikasikan pada paruh kedua tahun depan, dengan fokus pada kebocoran metana yang besar. Saat matang, platform tersebut akan memasukkan sumber emisi yang tidak terlalu dramatis namun sama signifikannya seperti peternakan dan pertanian padi.

Pemotongan emisi metana di seluruh dunia adalah kunci untuk tujuan ambisius kesepakatan iklim Paris untuk membatasi pemanasan global pada 1,5 derajat Celcius (2,7 Fahrenheit) pada akhir abad ini dibandingkan dengan masa pra industri.

Amerika Serikat, Uni Eropa dan lainnya tahun lalu meluncurkan janji untuk mengurangi emisi metana secara keseluruhan di seluruh dunia sebesar 30% pada tahun 2030. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home