Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:52 WIB | Sabtu, 02 April 2016

Keberadaan Pastor Tom masih Dinantikan

Pastor Tom Uzhunnalil. (Foto: manoramaonline.com)

BENGALURU, SATUHARAPAN.COM – Masih belum ada informasi yang jelas mengenai nasib Pastor Tom Uzhunnalil, yang diculik oleh teroris ISIS di Yaman 4 Maret lalu, meskipun sempat diduga ia disalibkan oleh ISIS, kata pejabat Gereja Katolik, hari Jumat (1/4).

“Kami tidak memiliki informasi terbaru tentang Pastor Tom Uzhunnalil,” kata wakil provinsial Salesian India, Pastor Jose Koyickal sebagaimana dikutip manoramaonline.com, hari Sabtu (2/4).

Dia mengatakan berita yang belum dikonfirmasi kebenarannya muncul dari sejumlah kelompok doa Kristen di Dubai yang menyatakan Pastor Tom (56 tahun) disalibkan ISIS pada hari Jumat Agung, 25 Maret.

Koyickal mengatakan wakil sekretaris jenderal Konferensi Waligereja India (CBI), Pastor Joseph Chinnayyan, dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Sushma Swaraj pada hari Sabtu ini untuk membahas masalah tersebut.

Pastor Tom berangkat ke Yaman pada tahun 2010 untuk menjadi satu-satunya imam Gereja Katolik yang disetujui oleh pemerintah Yaman. Ia bertugas di paroki Santo Fransiskus dari Asisi di Aden dan juga menjadi pengurus panti Misionaris Cinta Kasih di kota yang sama.

Menurut kantor berita katolik, Misionaris Cinta Kasih telah hadir di Yaman sejak tahun 1973.

Koyickal mengatakan perang dan kekerasan di Yaman antara pemberontak Houthi dan pemerintah memaksa hampir semua orang mengungsi, meninggalkan panti dan gereja.

“Pastor Tom kembali ke India pada bulan Januari 2015 karena visanya berakhir, lalu tinggal di sini selama tiga bulan dan kemudian kembali ke Yaman pada bulan April 2015 untuk menjadi sukarelawan di gereja dan panti karena di sana kekurangan tenaga yang melayani,” katanya.

Pada tanggal 4 Maret, Pastor Tom diculik oleh ISIS setelah mereka menerobos panti dan menembak mati banyak orang, termasuk empat suster Misionaris Cinta Kasih, yang salah satunya dari India.

Menurut data Koyickal, Ordo Salesian Don Bosco India memiliki 2.667 anggota tetap, yang di antaranya 1.561 imam dan 1.106 calon imam. Secara global, ada 15.037 anggota ordo Salesian di mana ada 10.249 imam dan 4.788 frater. Sedangkan di Provisial Hati Kudus Bengaluru India memiliki 233 imam dan 133 frater.

Editor : Eben E. Siadari


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home