Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 12:38 WIB | Selasa, 27 Agustus 2013

Kebun Binatang Edinburgh Menantikan Kelahiran Anak Panda

foto: www.edinburghzoo.org.uk

EDINBURGH, SATUHARAPAN.COM – Pegawai kebun binatang Edinburgh mengatakan bahwa panda betina satu-satunya di Inggris ini terus memberikan tanda-tanda yang positif bahwa ia tengah mengandung.

Jika benar Tian Tian mengandung, maka diperkirakan ia akan melahirkan pada dua pekan depan.

Tim penjaga kebun binatang telah diberi akses berupa CCTV di sepanjang kadang mereka dan pada tersebut sedang dipantau setiap jam untuk melihat tanda-tanda persalinan.

Tian Tian dan pasangannya, Yang Guang, adalah sepasang panda raksasa satu-satunya yang dimiliki oleh kebun binatang di Inggris.

Hasil dari sampel urin panda sedang dianalisis oleh Kebun Binatang Memphis dan Konservasi dan Pusat Penelitian China (CCRCGP). Tingkat hormon progesteron Tian Tian terus meningkat dan saat ini dia sangat mengantuk, kedua tanda tersebut menunjukkan bahwa Tian Tian sedang hamil.

Pada saat panda tersebut akan melahirkan, dia akan terlihat gelisah, meraung, dan air ketubannya pecah. Juru bicara kebun binatang tersebut mengatakan bahwa saat ini adalah masa-masa sensitif bagi panda selama kehamilannya.

Tubuh Tian Tian masih belum dapat menyerap kembali setiap janin. Walaupun kemungkinannya sangat kecil, pegawai kebun binatang berencana untuk mewujudkan kelahiran itu.

Penjaga panda asal Cina, Haiping Hu, yang juga berasal dari CCRCGP, tiba di Edinburgh pada hari Sabtu (24) lalu untuk membantu menolong kelahiran.

Miss Hu telah berpengalaman dalam menolong kelahiran panda, khususnya pada kelahiran kembar dan satu anak panda yang perlu disingkirkan.

Inkubator yang baru telah disiapkan dan para penjaga akan berjaga selama 24 jam untuk menunggu kelahiran bayi panda tersebut.

Iain Valentine, direktur dari panda raksasa untuk Royal Zoological Society, Skotlandia, berkata bahwa “apa yang telah kita lihat dari perkembangan hormon Tian Tian, tetapi kami masih belum bisa menjamin kehamilan dan kelahiran tersebut bisa berhasil.”

“Jika benar panda itu hamil, ini adalah waktu yang sangat beresiko bagi kehamilan panda tersebut.” Panda raksasa betina itu baru bisa menerima kembali setiap janin atau menolaknya ketika hamil.

“Jika panda itu hamil dan mampu menjaga kehamilannya, kami percaya anak-anak panda tersebut dapat dilahirkan kapan saja setelah dua pekan ke depan – meskipun tidak ada ketentuan apapun kita tetap harus berjaga-jaga setiap waktu.” (bbc.co.uk)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home