Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Sabtu, 29 Oktober 2022

Kekerasan Terus Terjadi, ASEAN Kecam Pemerintah Militer Myanmar

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, berbicara kepada media saat konferensi pers di Jakarta, Indonesia, Kamis, 27 Oktober 2022. Para menteri luar negeri Asia Tenggara mengadakan pertemuan khusus Kamis untuk membahas cara-cara menangani krisis yang berkembang di Myanmar, di mana pengambilalihan militer tahun lalu memicu kekerasan yang mengancam akan mengacaukan kawasan itu. (Foto: AP/Dita Alangkara)

JAKARTA, SATUHAR4APAN.COM-Para menteri luar negeri Asia Tenggara mengakui bahwa upaya mereka untuk membawa perdamaian ke Myanmar belum berhasil, dan sepakat untuk meningkatkan tekad mereka untuk mengakhiri kekerasan di negara itu, di mana pengambilalihan militer tahun lalu memicu krisis yang mengancam kawasan itu tidak stabil.

Peristiwa baru-baru ini di Myanmar, termasuk serangan udara militer pada hari Minggu yang dilaporkan menewaskan sebanyak 80 anggota etnis minoritas Kachin dan eksekusi tahanan politik pada bulan Juli, telah meningkatkan kekhawatiran di antara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Pada pertemuan khusus tentang Myanmar di Jakarta, para menteri luar negeri ASEAN mengatakan upaya mereka belum mencapai kemajuan yang signifikan dan menyerukan “tindakan konkret, praktis dan terikat waktu” untuk memperkuat pelaksanaan konsensus lima poin yang dicapai kelompok tersebut di bulan April tahun lalu tentang cara mencari perdamaian.

ASEAN, yang termasuk Myanmar, telah mencoba memainkan peran perdamaian sejak itu, tak lama setelah militer negara itu merebut kekuasaan pada bulan Februari tahun lalu, menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi.

Konsensus lima poin menyerukan penghentian segera kekerasan, dialog di antara pihak-pihak terkait, mediasi oleh utusan khusus ASEAN, pemberian bantuan kemanusiaan dan kunjungan ke Myanmar oleh utusan khusus untuk bertemu semua pihak terkait.

Pemerintah Myanmar pada awalnya menyetujui konsensus tersebut, tetapi tidak banyak melakukan upaya untuk mengimplementasikannya, selain mencari bantuan kemanusiaan dan mengizinkan utusan ASEAN, Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn, untuk berkunjung. Tapi itu menolak untuk mengizinkannya bertemu dengan Suu Kyi, yang ditangkap dan diadili atas berbagai tuduhan yang menurut para kritikus dibuat untuk menyingkirkannya dari politik.

Sebagai tanggapan, ASEAN tidak mengizinkan para pemimpin Myanmar untuk berpartisipasi dalam pertemuan resminya, meskipun beberapa pejabat tingkat kerja telah bergabung.

“Pertemuan itu sepakat bahwa ASEAN tidak boleh berkecil hati, tetapi bahkan lebih bertekad untuk membantu Myanmar mewujudkan solusi damai secepat mungkin,” kata Prak Sokhonn, yang memimpin pertemuan itu, dalam sebuah pernyataan.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, menyatakan keprihatinan dan kekecewaan mereka, dan dalam beberapa kasus menjadi frustrasi, dengan kurangnya kemajuan yang signifikan dalam pelaksanaan konsensus. “Alih-alih berkembang, situasinya bahkan dikatakan memburuk dan memburuk,” katanya.

“Tindakan kekerasan sekali lagi harus segera dihentikan,” kata Marsudi. “Tanpa penghentian kekerasan, tidak akan ada kondisi yang kondusif untuk penyelesaian krisis politik ini.”

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Kamis (27/10) malam oleh Kementerian Luar Negeri Myanmar mengatakan "tidak akan terikat dengan hasil pertemuan" karena diadakan oleh sembilan negara ASEAN lainnya (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam) tanpa kehadiran Myanmar.

Mereka bersikeras bahwa pemerintah militer Myanmar telah menerapkan peta jalan lima poin dengan bekerja sama dengan utusan khusus ASEAN, mengadakan pembicaraan damai dengan kelompok pemberontak etnis dan memberikan bantuan kemanusiaan.

Pertemuan Kamis itu dilakukan menjelang KTT tahunan ASEAN pada 11-13 November, di mana fokus utama para pemimpin adalah krisis Myanmar, yang telah mengancam persatuan kelompok itu. Anggota ASEAN secara tradisional menghindari mengkritik satu sama lain, dan kekerasan yang dilepaskan oleh militer Myanmar secara luas dilihat sebagai mengekspos ketidakberdayaan kelompok dalam menangani keadaan darurat geopolitik dan kemanusiaan yang dapat mempengaruhi mereka semua.

Semakin banyak pengungsi yang melarikan diri dari Myanmar dan mencari suaka di seluruh wilayah.

Kelompok Human Rights Watch yang berbasis di Ameika Serikat mengatakan sekitar 70.000 orang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga sejak militer mengambil alih kekuasaan dan mendesak para pemimpin Asia Tenggara untuk memastikan pemerintah mereka tidak memaksa orang kembali ke Myanmar.

“Daripada melindungi pencari suaka dari kekerasan dan penganiayaan junta, aktor regional memaksa pengungsi Myanmar dan warga negara lainnya kembali ke jalan yang berbahaya,” kata Shayna Bauchner, seorang peneliti untuk kelompok tersebut.

Pihak berwenang Malaysia dilaporkan telah mempercepat deportasi ke Myanmar, memulangkan lebih dari 2.000 orang sejak bulan April tanpa mengizinkan badan pengungsi PBB untuk menilai klaim suaka mereka, sementara pihak berwenang Thailand telah mendorong pencari suaka kembali melintasi perbatasan Myanmar tanpa memverifikasi kebutuhan perlindungan mereka, kata Human Rights Watch. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home