Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:42 WIB | Selasa, 02 April 2024

Kekeringan Ekstrem Melanda Afrika Bagian Selatan, Jutaan Orang Dalam Kelaparan

James Tshuma, seorang petani di distrik Mangwe di barat daya Zimbabwe, berdiri di tengah ladang tanamannya yang mengering di tengah kekeringan di Zimbabwe, hari Jumat, 22 Maret 2024. Kekeringan baru telah menyebabkan jutaan orang menghadapi kelaparan di Afrika bagian selatan seperti yang mereka alami. dampak cuaca ekstrem yang menurut para ilmuwan menjadi lebih sering terjadi dan lebih merusak. (Foto: dok. AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

MANGWE-ZIMBABWE, SATUHARAPAN.COM-Dengan hati-hati dan penuh konsentrasi, Zanyiwe Ncube menuangkan sedikit minyak goreng emasnya yang berharga ke dalam botol plastik di lokasi distribusi bantuan makanan jauh di pedesaan Zimbabwe.

“Saya tidak ingin kehilangan setetes pun,” katanya.

Kelegaannya atas bantuan tersebut – yang dibayar oleh pemerintah Amerika Serikat ketika negara tempat tinggalnya di Afrika bagian selatan menghadapi kekeringan parah – memudar ketika para pekerja bantuan dengan lembut menyampaikan kabar bahwa ini akan menjadi kunjungan terakhir mereka.

Ncube dan putranya yang berusia tujuh bulan yang digendongnya termasuk di antara 2.000 orang yang menerima jatah minyak goreng, sorgum, kacang polong, dan persediaan lainnya di distrik Mangwe di barat daya Zimbabwe. Distribusi makanan ini merupakan bagian dari program yang didanai oleh lembaga bantuan Amerika Serikat, USAID, dan dilaksanakan oleh Program Pangan Dunia PBB (WFP).

Mereka bertujuan untuk membantu 2,7 juta orang di pedesaan Zimbabwe yang terancam kelaparan karena kekeringan yang melanda sebagian besar Afrika bagian selatan sejak akhir tahun 2023. Hal ini telah menghanguskan tanaman yang ditanam dan diandalkan oleh puluhan juta orang untuk bertahan hidup, terbantu dengan apa yang seharusnya menjadi musim hujan.

Mereka semakin tidak bisa mengandalkan hasil panen dan cuaca.

Kekeringan di Zimbabwe, negara tetangga Zambia dan Malawi telah mencapai tingkat krisis. Zambia dan Malawi telah menyatakan bencana nasional. Zimbabwe mungkin akan melakukan hal yang sama. Kekeringan telah mencapai Botswana dan Angola di barat, serta Mozambik dan Madagaskar di timur.

Setahun yang lalu, sebagian besar wilayah ini basah kuyup akibat badai tropis dan banjir yang mematikan. Hal ini terjadi di tengah siklus cuaca yang buruk: terlalu banyak hujan, kemudian tidak cukup. Ini adalah kisah mengenai iklim ekstrem yang menurut para ilmuwan semakin sering terjadi dan menimbulkan dampak buruk, terutama bagi masyarakat yang paling rentan di dunia.

Di Mangwe, orang tua dan muda mengantri untuk mendapatkan makanan, ada yang membawa gerobak keledai untuk membawa pulang apa pun yang mereka dapat, ada pula yang membawa gerobak dorong. Mereka yang menunggu giliran duduk di tanah berdebu. Di dekatnya, seekor kambing mencoba peruntungannya dengan menggigit semak yang berduri dan kurus kering.

Ncube, 39 tahun, biasanya sedang memanen hasil panennya sekarang – makanan untuknya, kedua anaknya, dan seorang keponakan yang juga ia rawat. Mungkin akan ada sedikit tambahan untuk dijual.

Bulan Februari yang paling kering di Zimbabwe sepanjang hidupnya, menurut monitor musiman Program Pangan Dunia (WFP), mengakhiri hal tersebut. “Kami tidak punya apa-apa di ladang, tidak ada satu butir pun,” katanya. “Semuanya telah terbakar (karena kekeringan).”

Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF) mengatakan ada “krisis yang tumpang tindih” berupa cuaca ekstrem di Afrika bagian timur dan selatan, di mana kedua wilayah tersebut berada di antara badai dan banjir serta panas dan kekeringan pada tahun lalu.

Di Afrika bagian selatan, diperkirakan sembilan juta orang, setengahnya adalah anak-anak, membutuhkan bantuan di Malawi. Lebih dari enam juta orang di Zambia, tiga juta di antara mereka adalah anak-anak, terkena dampak kekeringan, kata UNICEF. Jumlah tersebut hampir separuh penduduk Malawi dan 30% penduduk Zambia.

“Yang menyedihkan, cuaca ekstrem diperkirakan akan menjadi hal biasa di Afrika bagian timur dan selatan di tahun-tahun mendatang,” kata Eva Kadilli, direktur regional UNICEF.

Meskipun perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia telah menyebabkan cuaca global menjadi lebih tidak menentu, ada hal lain yang membuat Afrika bagian selatan menjadi kering pada tahun ini.

El Niño, fenomena iklim alami yang menghangatkan sebagian Samudera Pasifik setiap dua hingga tujuh tahun, mempunyai dampak yang bervariasi terhadap cuaca dunia. Di Afrika bagian selatan, hal ini berarti curah hujan di bawah rata-rata, terkadang kekeringan, dan hal ini menjadi penyebab situasi saat ini.

Dampaknya lebih parah bagi penduduk di Mangwe, yang terkenal gersang. Orang-orang menanam sereal, gandum, sorgum dan millet mutiara, tanaman yang tahan kekeringan dan menawarkan peluang panen, namun mereka gagal bertahan dalam kondisi tahun ini.

Francesca Erdelmann, direktur Program Pangan Dunia untuk Zimbabwe, mengatakan panen tahun lalu buruk, namun musim ini bahkan lebih buruk lagi. “Ini bukan keadaan yang normal,” katanya.

Beberapa bulan pertama dalam satu tahun biasanya merupakan “bulan-bulan paceklik” ketika rumah tangga kekurangan pasokan karena menunggu panen baru. Namun, harapan untuk pengisian kembali tahun ini kecil.

Joseph Nleya, seorang pemimpin adat berusia 77 tahun di Mangwe, mengatakan dia tidak ingat cuaca sepanas, sekering, dan separah ini. “Bendungan tidak mempunyai air, dasar sungai kering dan lubang bor sedikit. Kami mengandalkan buah-buahan liar, tapi buah-buahan juga sudah mengering,” katanya.

Orang-orang secara ilegal menyeberang ke Botswana untuk mencari makanan dan “kelaparan mengubah orang-orang yang bekerja keras menjadi penjahat,” tambahnya.

Beberapa lembaga bantuan tahun lalu memperingatkan bencana yang akan terjadi.

Sejak itu, Presiden Zambia, Hakainde Hichilema, mengatakan bahwa satu juta dari 2,2 juta hektare tanaman jagung pokok di negaranya telah hancur. Presiden Malawi, Lazarus Chakwera, telah meminta bantuan kemanusiaan sebesar US$200 juta.

Penilaian tanaman secara nasional sedang dilakukan dan pihak berwenang khawatir akan hasil panen tersebut, karena jumlah yang membutuhkan bantuan kemungkinan akan meroket, kata Erdelmann dari WFP.

Dengan dihapuskannya panen tahun ini, jutaan orang di Zimbabwe, Malawi bagian selatan, Mozambik, dan Madagaskar tidak akan mampu memenuhi kebutuhan pangan mereka sendiri hingga tahun 2025. Sistem Peringatan Dini Kelaparan USAID memperkirakan bahwa 20 juta orang akan membutuhkan bantuan pangan di Afrika bagian selatan pada tahun 2025, dan beberapa bulan pertama tahun 2024.

Banyak yang tidak mendapatkan bantuan tersebut, karena lembaga bantuan juga memiliki sumber daya yang terbatas di tengah krisis kelaparan global dan berkurangnya pendanaan kemanusiaan dari pemerintah.

Saat pejabat WFP melakukan kunjungan terakhirnya ke Mangwe, Ncube sudah menghitung berapa lama makanan tersebut bisa bertahan. Dia berkata bahwa dia berharap hal ini akan cukup lama untuk menghilangkan ketakutan terbesarnya: bahwa anak bungsunya akan mengalami kekurangan gizi bahkan sebelum ulang tahunnya yang pertama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home