Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:29 WIB | Jumat, 11 Februari 2022

Kelompok Quad Kerja Sama Bidang Siber, Anti Terorisme, dan Kemaanan Indo Pasifik

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, dan Menteri Luar Negeri Jepang, Yoshimasa Hayashi, saat konferensi pers para menteri luar negeri Dialog Keamanan Segiempat (Quad) di Melbourne, Australia, Jumat, 11 Februari 2022. (Foto: Reuters )

MELBOURNE, SATUHARAPAN.COM-Negara-negara dalam kelompok Quad akan memperkuat kerja sama di bidang siber dan kontra terorisme, termasuk dalam serangan ransomware, kata Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, setelah bertemu dengan rekan-rekannya dari India, Jepang, dan Amerika Serikat.

Keempat negara berjanji pada hari Jumat (11/2) untuk memperdalam kerja sama untuk memastikan kawasan Indo Pasifik bebas dari “pemaksaan”, sebuah gesekan terselubung pada ekspansi ekonomi dan militer China yang terus berkembang.

Quad membahas tanggapan kemanusiaan dan bencana di wilayah tersebut, dan setuju untuk membantu memerangi penangkapan ikan ilegal, katanya.

“Kami sepakat untuk meningkatkan dukungan keamanan maritim bagi mitra Indo Pasifik untuk memperkuat kesadaran dan kemampuan domain maritim mereka untuk mengembangkan sumber daya lepas pantai mereka, untuk memastikan kebebasan navigasi dan penerbangan dan untuk memerangi tantangan seperti penangkapan ikan ilegal.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home