Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:11 WIB | Senin, 26 Juni 2023

Kemajuan Kedokteran, Pengobatan Kanker ke Depan adalah Vaksin

Vaksin. (Foto ilustrasi: dok.Ist)

SATUHARAPAN.COM-Setelah beberapa dekade sukses secara terbatas, para ilmuwan mengatakan penelitian telah mencapai titik balik, dengan banyak yang memperkirakan lebih banyak vaksin akan keluar dalam lima tahun mendatang. Kemajuan besar berikutnya dalam pengobatan kanker adalah dengan vaksin.

Ini bukan vaksin tradisional yang mencegah penyakit, tetapi suntikan untuk mengecilkan tumor dan menghentikan kanker datang kembali. Target untuk perawatan eksperimental ini termasuk kanker payudara dan paru-paru, dengan keuntungan yang dilaporkan tahun ini untuk melanoma kanker kulit yang mematikan dan kanker pankreas.

“Kami mendapatkan sesuatu untuk bekerja. Sekarang kita perlu membuatnya bekerja lebih baik,” kata Dr. James Gulley, yang membantu memimpin sebuah pusat di National Cancer Institute yang mengembangkan terapi kekebalan, termasuk vaksin pengobatan kanker.

Lebih dari sebelumnya, para ilmuwan memahami bagaimana kanker bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh. Vaksin kanker, seperti imunoterapi lainnya, meningkatkan sistem kekebalan untuk menemukan dan membunuh sel kanker. Dan beberapa yang baru menggunakan mRNA, yang dikembangkan untuk kanker tetapi pertama kali digunakan untuk vaksin COVID-19.

Agar vaksin dapat berfungsi, perlu mengajarkan sel T sistem kekebalan untuk mengenali kanker sebagai berbahaya, kata Dr. Nora Disis dari Cancer Vaccine Institute UW Medicine di Seattle. Setelah dilatih, sel T dapat melakukan perjalanan ke mana saja di tubuh untuk memburu bahaya.

“Jika Anda melihat sel T yang aktif, itu hampir seperti kaki,” katanya. "Anda bisa melihatnya merangkak melalui pembuluh darah untuk keluar ke jaringan."

Relawan pasien sangat penting untuk penelitian

Kathleen Jade, 50 tahun, mengetahui bahwa dia menderita kanker payudara pada akhir Februari, hanya beberapa pekan sebelum dia dan suaminya berangkat dari Seattle untuk berpetualang keliling dunia. Alih-alih berlayar dengan perahu 46 kaki mereka, Shadowfax, melalui Great Lakes menuju St. Lawrence Seaway, dia duduk di ranjang rumah sakit menunggu dosis ketiga dari vaksin eksperimentalnya. Dia mendapatkan vaksin untuk melihat apakah tumornya akan menyusut sebelum operasi.

“Bahkan jika peluang itu sedikit, saya merasa itu sepadan,” kata Jade, yang juga mendapatkan perawatan standar.

Kemajuan dalam vaksin pengobatan sangat menantang. Yang pertama, Provenge, disetujui di Amerika Serikat pada tahun 2010 untuk mengobati kanker prostat yang telah menyebar. Ini membutuhkan pemrosesan sel kekebalan pasien sendiri di laboratorium dan mengembalikannya melalui infus. Ada juga vaksin pengobatan untuk kanker kandung kemih dini dan melanoma lanjut.

Penelitian vaksin kanker awal tersendat karena kanker mengalahkan dan bertahan lebih lama dari sistem kekebalan pasien yang lemah, kata Olja Finn, peneliti vaksin di Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburgh.

“Semua uji coba yang gagal ini memungkinkan kami belajar banyak,” kata Finn.

Akibatnya, dia sekarang fokus pada pasien dengan penyakit sebelumnya karena vaksin eksperimental tidak membantu pasien yang lebih lanjut. Kelompoknya sedang merencanakan studi vaksin pada perempuan dengan kanker payudara non invasif berisiko rendah yang disebut karsinoma duktal in situ.

Lebih banyak vaksin yang mencegah kanker mungkin juga ada di depan. Vaksin hepatitis B yang telah berumur puluhan tahun mencegah kanker hati dan vaksin HPV, yang diperkenalkan pada tahun 2006, mencegah kanker serviks.

Di Philadelphia, Dr. Susan Domchek, direktur Basser Center di Penn Medicine, merekrut 28 orang sehat dengan mutasi BRCA untuk tes vaksin. Mutasi tersebut meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium. Idenya adalah untuk membunuh sel-sel abnormal yang sangat dini, sebelum menimbulkan masalah. Dia menyamakannya dengan menyiangi taman secara berkala atau menghapus papan tulis.

Yang lain sedang mengembangkan vaksin untuk mencegah kanker pada orang dengan nodul paru pra kanker dan kondisi bawaan lainnya yang meningkatkan risiko kanker.

“Vaksin mungkin adalah hal besar berikutnya” dalam upaya untuk mengurangi kematian akibat kanker, kata Dr. Steve Lipkin, ahli genetika medis di Weill Cornell Medicine New York, yang memimpin upaya yang didanai oleh National Cancer Institute. “Kami mendedikasikan hidup kami untuk itu.”

Orang dengan kondisi sindrom Lynch yang diwariskan memiliki risiko seumur hidup 60% hingga 80% terkena kanker. Merekrut mereka untuk uji coba vaksin kanker sangatlah mudah, kata Dr. Eduardo Vilar-Sanchez dari MD Anderson Cancer Center di Houston, yang memimpin dua penelitian yang didanai pemerintah tentang vaksin untuk kanker terkait Lynch.

“Pasien melompati ini dengan cara yang mengejutkan dan positif,” katanya.

Pembuat obat Moderna dan Merck bersama-sama mengembangkan vaksin mRNA yang dipersonalisasi untuk pasien melanoma, dengan studi besar untuk memulai tahun ini. Vaksin disesuaikan untuk setiap pasien, berdasarkan banyaknya mutasi pada jaringan kanker mereka. Vaksin yang dipersonalisasi dengan cara ini dapat melatih sistem kekebalan untuk memburu sidik jari mutasi kanker dan membunuh sel-sel tersebut.

Tetapi vaksin semacam itu akan mahal.

“Pada dasarnya Anda harus membuat setiap vaksin dari awal. Jika ini tidak dipersonalisasi, vaksin mungkin dapat dibuat dengan harga murah, seperti halnya vaksin COVID-19,” kata Dr. Patrick Ott dari Dana-Farber Cancer Institute di Boston.

Vaksin yang sedang dikembangkan di UW Medicine dirancang untuk bekerja untuk banyak pasien, bukan hanya satu pasien. Tes sedang dilakukan pada kanker payudara awal dan lanjut, kanker paru-paru dan kanker ovarium. Beberapa hasil mungkin akan datang segera setelah tahun depan.

Todd Pieper, 56, dari pinggiran kota Seattle, berpartisipasi dalam pengujian vaksin yang dimaksudkan untuk mengecilkan tumor kanker paru-paru. Kankernya menyebar ke otaknya, tapi dia berharap bisa hidup cukup lama untuk melihat putrinya lulus dari sekolah perawat tahun depan.

“Saya tidak akan rugi apa-apa dan mendapatkan segalanya, baik untuk saya atau orang lain di masa depan,” kata Pieper tentang keputusannya untuk menjadi sukarelawan.

Salah satu orang pertama yang menerima vaksin kanker ovarium dalam studi keamanan 11 tahun lalu adalah Jamie Crase dari Pulau Mercer terdekat. Didiagnosis menderita kanker ovarium stadium lanjut ketika dia berusia 34 tahun, Crase mengira dia akan mati muda dan telah membuat surat wasiat yang mewariskan kalung favoritnya kepada sahabatnya. 

Sekarang berusia 50 tahun, dia tidak memiliki tanda-tanda kanker dan dia masih memakai kalung itu. Dia tidak tahu pasti apakah vaksin itu membantu, "Tapi saya masih di sini." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home