Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:47 WIB | Rabu, 06 Juni 2018

Kemenag akan Gelar Lomba Karya Tulis Mahasiswa Bertema Deradikalisas

Ilustrasi. (Foto: alamtekno.blogspot.com)

BEKASI, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Agama akan menggelar lomba karya tulis bagi mahasiswa Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), mengusung tema deradikalisasi.

Mewakili Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kasi Kemahasiswaan Ruchman Basori menjelaskan, kompetisi ini akan mengupas masalah radikalisme di lingkungan mahasiswa. Harapannya, peserta juga dapat memberikan solusi yang tepat.

“Fenomena munculnya radikalisme inilah yang melatarbelakangi diadakannya kompetisi karya tulis mahasiswa. Karena masalahnya dengan para mahasiswa, kita ajak mereka untuk berpikir memberikan solusi,” kata Ruchman pada pembukaan Workshop Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa “Dari Mahasiswa untuk Indonesia” di Bekasi, Senin (4/6).

Selain radikalisme, Lomba Karya Tulis Mahasiswa ini juga diarahkan pada topik terkait disintegrasi bangsa, kemiskinan, pendidikan, dan problem sosial kebangsaan lainnya. Menurut aktivis mahasiswa 1998 ini, permasalahan ketimpangan sosial hingga kini masih belum selesai.

“Problem ini juga tidak kalah penting dengan radikalisme yang terjadi di negeri ini,” ujar dia.

Tema-tema ini akan diperdalam dalam workshop yang mengundang unsur pimpinan PTKI, dosen, mahasiswa dan sejumlah pakar. Kegiatan ini diharapkan menghasilkan petunjuk teknis (juknis) lomba yang lengkap dan komprehensif.

“Jika juknis itu selesai, akan segera kami sosialisasikan ke seluruh PTKI se-Indonesia agar banyak mahasiswa yang bisa berpartisipasi,” katanya. (kemenag.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home