Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:24 WIB | Kamis, 02 Februari 2023

Kemenkes Bangun Center of Excellence untuk Penyakit Katastropik di Makassar

Peresmian groundbreaking RS UPT Vertikal di Makssar. (Foto: dok. Ist)

MAKASSAR, SATUHARAPAN.COM - Indonesia membangun Center of Excellence untuk penyakit katastropik wilayah timur yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. Ditandai dengan peletakkan batu pertama (ground breaking) pengerjaan fisik dan bangunan rumah sakit pada hari Selasa (31/1).

Pembangunan RS UPT Vertikal ini disiapkan untuk memberikan layanan spesialistik dan sub-spesialistik terhadap tiga penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia yakni kanker, stroke dan jantung. Ini merupakan pembangunan kedua setelah sebelumnya dibangun rumah sakit yang sama di Surabaya, Jawa Timur pada november lalu.

''Rumah Sakit Vertikal Otak, Jantung, Kanker (OJK) ini dibangun bukan hanya untuk kota Makassar, Sulawesi Selatan saja, tapi (nantinya) jadi pusat pelayanan rumah sakit dengan kualitas paling baik untuk Indonesia timur,'' kata Menteri Kesehatan, Budi G. Sadikin.

Pembangunan rumah sakit ini merupakan upaya Kementerian Kesehatan dalam mewujudkan pilar kedua transformasi kesehatan, dengan meningkatkan akses pelayanan kesehatan rujukan yang bermutu dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Cegah Berobat ke Luar Negri

Fakta di lapangan, lanjut Menkes Antrian layanan operasi untuk penyakit Jantung, Stroke, dan Kanker di RS Jantung Harkit sebagai RS Rujukan jantung, Dharmais sebagai RS Rujukan Kanker, RS PON sebagai rujukan nasional stroke, bisa mencapai enam sampai delapan bulan.

Akibatnya setiap tahunnya lebih dari 600 ribu warga masyarakat indonesia berobat ke luar negeri, menghabiskan biaya sebesar US$6 Miliar atau Rp. 100 Triliun.

Fakta lainnya, hingga tahun 2022, baru sebanyak 55 Kabupaten/Kota dari 514 Kabupaten Kota di Indonesia yang bisa melakukan tindakan pemasangan ring jantung. Kondisi ini hanya dapat diatasi dengan pemenuhan rumah sakit dengan layanan berkualitas dan pemenuhan tenaga kesehatan, lanjut Menkes

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengaku bersyukur atas inisiatif pemerintah pusat dalam membangun Rumah Sakit vertikal penyakit katastropik untuk wilayah timur indonesia di Kota Makassar. Sebagai salah satu wujud komitmen dari pemerintah daerah adalah dengan menghibahkan lahan seluas 6,2 hektare untuk pembangunan rumah sakit.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home