Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki 12:20 WIB | Minggu, 26 Februari 2023

Kesenian RI Meriahkan Festival Melayu di Thailand

Suasana pembukaan festival "Melayu Day 2023" di Kota Yala, Thailand selatan, Jumat (24/2/2023). (HO-Konsulat RI Songkhla)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Penampilan tarian asal Indonesia seperti Bajidor Kahot, Pendet, dan Kinang Kilaras turut memeriahkan Melayu Day 2023, salah satu festival kebudayaan terbesar di selatan Thailand.

Festival yang diselenggarakan di Provinsi Yala pada 24-26 Februari 2023 itu diinisiasi oleh pemerintah Kota Yala sejak 2014 untuk memperkenalkan budaya Melayu melalui kolaborasi dengan Konsulat RI Songkhla dan Konsulat Jenderal Malaysia di Songkhla.

“Melayu Day 2023 menampilkan pentas budaya, busana, dan tarian, serta seminar budaya, pameran pendidikan, promosi kuliner, dan produk khas dari negara peserta yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand,” kata Konsulat RI Songkhla dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/2) malam.

Penari dari Universitas Galuh, Jawa Barat, disebutkan menampilkan tari Jaipong dan Sekar Putri, sementara Dharma Wanita Persatuan Konsulat RI Songkhla tampil dengan menyumbangkan lagu Tobello dan Gemu Fa Mi Re.

Selain penampilan tari, kegiatan membatik yang dipandu oleh Sanggar Batik Madani Yogyakarta juga mendapat sambutan dari para pengunjung yang ingin mencoba membatik sendiri secara langsung, menurut keterangan tersebut. 

Kadin DKI Jakarta bidang industri fesyen tidak ketinggalan mengambil bagian memperkenalkan pakaian Indonesia dalam ajang fashion show.

Festival itu juga dihadiri oleh sejumlah lembaga pendidikan Indonesia, di antaranya Universitas Galuh,UNIKOM Bandung, IBIK Bogor, UNPER Tasikmalaya,Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Nasional Jakarta, dan Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara. 

Mereka memperkenalkan program studi masing-masing kepada para pengunjung dalam pameran pendidikan.

Para pengunjung juga berkesempatan mencicipi aneka kuliner dan produk UMKM khas Indonesia dari Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia Bandung, PT Sukses Aulia Sejahtera, PT Jakob Pekalongan, dan PT Annotare Heritages, serta Dharma Wanita Konsulat RI Songkhla.

“Keikutsertaan Indonesia menjadi momentum yang baik dalam upaya untuk terus mempromosikan Indonesia terutama di bidang budaya, pendidikan, dan ekonomi kreatif di selatan Thailand,” kata konsulat.

Sekretaris Jenderal Southern Border Provinces Administrative Center Thailand Laksamana Muda Somkiat Polprayoon membuka secara resmi pagelaran Melayu Day 2023. 

Acara pembukaan dihadiri antara lain oleh wakil Gubernur Yala, Wali Kota Yala, Konsul RI Songkhla, dan perwakilan dari Konsulat Jenderal Malaysia Songkhla.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home