Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:27 WIB | Selasa, 13 Februari 2024

Tentara Israel Bebaskan Dua Orang Yang Disandera Hamas

Sandera Luis Har, kiri, dipeluk oleh kerabatnya setelah diselamatkan dari penangkaran di Jalur Gaza, di Pusat Medis Sheba di Ramat Gan, Israel, 12 Februari 2024. (Foto: Tentara Pertahanan Israel via AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel membebaskan dua sandera Israel-Argentina yang ditahan oleh Hamas di Rafah pada hari Senin (12/2) dalam operasi penyelamatan ganas yang menewaskan 67 warga Palestina di kota Gaza selatan di mana sekitar satu juta warga sipil mencari perlindungan dari pemboman selama berbulan-bulan.

Misi militer Israel, dinas keamanan Shin Bet dan unit polisi khusus, membebaskan Fernando Simon Marman, 60 tahun, dan Louis Hare, 70 tahun, kata militer. Mereka termasuk di antara 250 orang yang ditangkap dalam serangan militan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang Israel di Gaza.

Lebih dari empat bulan kemudian, sebagian besar wilayah padat penduduk di Mediterania itu hancur, dengan 28.340 warga Palestina tewas dan 67.984 luka-luka, menurut pejabat kesehatan Gaza, dan banyak lainnya diyakini terkubur di bawah reruntuhan.

Militer Israel mengatakan 31 sandera telah tewas pada saat itu, namun Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan penyelamatan hari Senin (12/2) menunjukkan bahwa tekanan militer harus terus berlanjut dan dia mengesampingkan kekhawatiran internasional mengenai rencana serangan darat di Rafah.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, yang semakin vokal meminta Israel tidak melakukan serangan darat di Rafah tanpa rencana untuk melindungi warga sipil, dijadwalkan pada hari Senin untuk bertemu dengan Raja Yordania Abdullah, yang telah melakukan tur diplomatik ke negara-negara barat untuk mendorong Israel melakukan serangan darat. untuk gencatan senjata.

Seorang jurnalis Reuters yang berada di lokasi kejadian di Rafah melihat puing-puing yang luas di mana bangunan-bangunan, termasuk sebuah masjid, telah hancur. Israel mengatakan banyak dari mereka yang tewas adalah militan; Kementerian Gaza mengatakan 70 persennya adalah warga sipil.

“Saya telah mengumpulkan bagian-bagian tubuh keluarga saya sejak pagi, kata Ibrahim Hassouna, ketika seorang wanita berlutut di atas tubuh seorang anak kecil di dekatnya. “Saya hanya mengenali jari kaki atau jari tangan mereka.”

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan para sandera ditahan di lantai dua sebuah gedung yang dibobol dengan bahan peledak selama penggrebegan di tengah baku tembak sengit dengan gedung-gedung di sekitarnya. “Kami telah lama mengerjakan operasi ini,” kata Letkol Richard Hecht. “Kami sedang menunggu kondisi yang tepat.”

Pemerintah Argentina berterima kasih kepada Israel atas penyelamatan kedua pria tersebut, yang dikatakan memiliki kewarganegaraan ganda.

Seorang kerabat salah satu sandera mengatakan dia melihat kedua pria yang dibebaskan setelah penyelamatan mereka dan menemukan mereka “agak lemah, agak kurus, agak pucat” tetapi secara keseluruhan dalam kondisi baik.

Edan Begerano, menantu laki-laki Hare, mengatakan para sandera sedang tidur ketika “dalam satu menit” pasukan komando sudah berada di dalam gedung dan melindungi mereka saat mereka melawan para penculik.

“Kami sedikit terkejut, kami tidak tahu, kami tidak menduganya,” katanya tentang penyelamatan tersebut, seraya menambahkan bahwa meskipun dia “senang” keduanya dibebaskan, Israel dan Hamas perlu mencapai kesepakatan “sesegera mungkin” untuk menjamin pembebasan sandera yang tersisa.

Doa Terakhir

Militer Israel mengatakan serangan udara dilakukan bersamaan dengan serangan tersebut untuk memungkinkan pasukannya ditarik.

Hassouna, yang mengungsi dari Gaza utara, mengatakan kerabatnya tewas setidaknya empat kilometer dari operasi militer. “Kami tidak ada hubungannya dengan apa pun. Mengapa kamu mengebom kami?” Dia bertanya.

Orang-orang di Rafah mengatakan dua masjid dan beberapa bangunan tempat tinggal terkena serangan dalam lebih dari satu jam serangan pesawat tempur, tank, dan kapal Israel, yang juga menghancurkan tenda-tenda tempat orang-orang berlindung.

Anak-anak yang terluka terbaring menunggu perawatan di rumah sakit Kuwait di Rafah. “Kami berada di dalam tenda, saya dan seluruh keluarga saya, ketika semua peluru mengarah ke kami,” kata Mai Al-Najjar, yang mengalami luka pecahan peluru di bahu dan wajahnya. Dia menahan air mata saat menceritakan bagaimana ayahnya terbunuh di dalam mobil saat mereka melarikan diri.

Dokter Wael Shakfa mengatakan korban tewas dan terluka mulai berdatangan dalam beberapa menit. “Ada yang kakinya dipotong, ada pula yang dipotong tangannya, anak-anak, perempuan, orang lanjut usia, dan laki-laki,” ujarnya.

Beberapa orang khawatir Israel telah memulai serangan darat yang sudah lama diperkirakan di kota tersebut, di mana orang-orang yang terlantar akibat perang terpaksa berlindung dan tidak punya tempat lain untuk pergi.

Militan Hamas membunuh 1.200 orang di Israel selatan, dalam serangan 7 Oktober, menurut penghitungan Israel. Israel mengatakan pihaknya telah membunuh lebih dari 12.000 militan Hamas dan menghancurkan tiga perempat batalionnya, yang sebelumnya disebutkan empat batalion berada di Rafah.

PBB: Kelaparan Menghantui Gaza

Seorang pejabat PBB mengatakan seperempat dari 2,3 juta penduduk Gaza menghadapi kekurangan pasokan makanan. “Kami melihat semakin banyak orang yang pada dasarnya berada di ambang dan berada dalam kondisi seperti kelaparan setiap hari,” kata Wakil Direktur Jenderal Organisasi Pangan dan Pertanian, Beth Bechdol.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB, Volker Turk, menyebut kemungkinan serangan terhadap Rafah “mengerikan.”

“Mereka yang mempunyai pengaruh harus menahan, bukan membiarkan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Banyak pemimpin Barat yang menyatakan kekhawatirannya atas serangan Israel sambil terus memberikan dukungan kepada negara tersebut.

Pengadilan banding Belanda mengatakan mereka telah memblokir ekspor suku cadang jet tempur F-35 ke Israel karena “risiko pelanggaran hukum kemanusiaan internasional” di Gaza. Pemerintah mengatakan akan mengajukan banding.

Inggris mendesak Israel menyetujui gencatan senjata untuk membebaskan sandera daripada menyerang Rafah tempat orang-orang terjebak.

Seorang pejabat Israel mengatakan orang-orang akan dievakuasi lebih jauh ke utara, namun pasukannya juga aktif di Gaza tengah. Petugas medis Palestina mengatakan 15 orang tewas dalam serangan udara di pusat kota Deir al-Balah. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home