Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 15:15 WIB | Minggu, 06 Agustus 2023

Konflik Patriark dan Pemimpin Milisi Memperparah Penderitaan Kristen Irak

Patriark Gereja Kasdim, Louis Sako, melayani ibadah di Gereja Katedral St Joussef di Irbil, Irak. (Foto: AP/Julia Ziemmermann)

IRBIL, SATUHARAPAN.COM-Orang-orang Kristen Irak telah berjuang sejak dataran Niniwe, tanah air bersejarah mereka berupa bukit-bukit yang dihiasi dengan ladang gandum dan jelai, direbut kembali dari ekstremis Negara Islam (ISIS/Negara Islam Irak dan Suriah) enam tahun lalu.

Meskipun ancaman dari ISIS telah surut, beberapa kota sebagian besar masih berupa puing-puing. Ada beberapa rumah yang dihuni atau layanan dasar, termasuk air. Banyak orang Kristen telah menyerah dan pergi ke Eropa, Australia atau Amerika Serikat. Yang lain mencoba mengikuti.

Sekarang minoritas agama yang menyusut yang juga menjadi sasaran kekerasan al Qaeda sebelum kebangkitan ISIS telah diguncang oleh krisis lain dalam bentuk pertikaian politik antara dua tokoh Kristen yang berpengaruh: seorang kardinal yang ditunjuk oleh Vatikan dan seorang pemimpin milisi, dengan isu tanah dan pengaruh pada inti konflik.

Perselisihan itu menambah kesengsaraan umat Kristen Irak, yang sering merasa dikesampingkan dalam tatanan politik. Kunjungan Paus Fransiskus tahun 2021 memberikan secercah harapan yang dengan cepat memudar.

Sementara itu, populasi Kristen anjlok. Jumlah orang Kristen di Irak saat ini diperkirakan mencapai 150.000, dibandingkan dengan 1,5 juta pada tahun 2003. Total populasi Irak lebih dari 40 juta.

Ketegangan politik meningkat bulan lalu ketika Kardinal Louis Sako menarik diri dari markas besarnya di Baghdad ke wilayah semi otonom, Kurdi di Irak utara setelah Presiden Irak, Abdul Latif Rashid, mencabut dekrit yang mengakui posisinya sebagai patriark Kasdim, denominasi Kristen terbesar di Irak dan salah satu dari ritus timur Gereja Katolik.

Sako mengatakan dia tidak akan kembali ke Baghdad sampai pengakuannya dipulihkan. Kepergiannya menambah perasaan tidak berdaya di antara banyak orang Kristen.

“Tentu saja, ini mempengaruhi kami secara psikologis,” kata Sura Salem, seorang aktivis sosial Kristen di Baghdad. "Kami merasa seperti keluarga tanpa ayah."

Orang-orang Kristen melakukan protes kecil di Baghdad atas kepergian Sako, tetapi Salem mengatakan "mendengarkan suara orang-orang Kristen adalah perhatian terakhir" para pemimpin Irak.

Sako menyalahkan kampanye melawannya oleh Rayan al-Kildani, seorang rekan Kristen Kasdim yang membentuk milisi yang disebut Brigade Babilonia yang berperang melawan ISIS dan masih berpatroli di sebagian besar dataran Niniwe.

Kelompok ini berafiliasi dengan Popular Mobilization Forces, kumpulan milisi Syiah yang didukung Iran. Partai politik terkaitnya, Gerakan Babel, memenangkan empat dari lima kursi yang ditunjuk Kristen dalam pemilihan parlemen Irak tahun 2021.

Sako percaya al-Kildani memancing untuk mengambil alih warisan dan properti Kristen. Al-Kildani telah membuat tuduhan serupa pada Sako.

“Saya telah melawan milisi ini dan orang lain yang ingin mengambil alih apa yang menjadi hak milik orang Kristen,” kata Sako kepada The Associated Press, beberapa hari setelah tiba di Irbil dengan sambutan hangat dari pejabat Kurdi. “Tentu saja, tidak ada yang membela orang Kristen selain gereja.”

Di lingkungan kelas atas Mansour Baghdad, al-Kildani sibuk membangun aliansi politik. Suatu sore, baru-baru ini, beberapa sofa di lobi megah markas partainya ditempati oleh perempuan berpakaian bagus yang mengenakan jilbab, di bawah lukisan Perjamuan Terakhir dan potret al-Kildani.

Satu per satu, para perempuan memasuki kantor bagian dalam, masing-masing muncul dengan membawa tas hadiah. Salah satu pengunjung menjelaskan bahwa mereka adalah kandidat politik yang tertarik untuk mencalonkan diri dalam daftar al-Kildani di Mosul pada pemilihan provinsi bulan Desember.

Setelah para pengunjung pergi, al-Kildani tersenyum dan sopan masuk. Dia bersikeras bahwa dia tidak memiliki peran dalam pencabutan keputusan patriark dan menolak tuduhan bahwa dia berusaha untuk merebut tanah gereja.

“Saya adalah putra dari gereja ini, dan sudah menjadi tugas saya untuk menghormatinya, tetapi sangat disayangkan ketika seorang pendeta menuduh seseorang tanpa bukti,” katanya.

Al-Kildani menuduh Sako menjual properti gereja, tuduhan yang dibantah oleh patriark, dan dia telah mengajukan gugatan terhadap Sako dengan tuduhan fitnah. Namun al-Kildani mengatakan siap bertemu dengan Sako untuk berdamai.

Sako menolak saran itu. Al-Kildani "memiliki milisi, dan kesetiaannya bukan kepada gereja," kata sang patriark. "Dia bukan orang yang terhormat."

Presiden Irak meremehkan pencabutan pengakuan Sako sebagai rumah tangga birokrasi, mengklaim itu tidak mengurangi status hukum atau agama sang patriark.

Vatikan sebagian besar tetap diam. Kedutaan besarnya di Baghdad mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Konstitusi Irak menjamin bahwa kepala gereja dapat mengelola properti gereja.

Seorang pejabat senior Vatikan, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang berkomentar kepada media, mengatakan keputusan itu tidak perlu mengingat jaminan konstitusional. Dia mengatakan Tahta Suci tidak ingin terlibat dalam perselisihan tersebut tetapi telah mengundang Sako untuk meredam ketegangan dengan pihak berwenang Irak demi umat Kristen Irak.

Amerika Serikat memihak Sako. Juru bicara Departemen Luar Negeri, Matthew Miller, mengatakan bulan lalu bahwa AS khawatir posisi Sako "diserang" oleh seorang pemimpin milisi yang pada 2019 ditampar dengan sanksi AS atas dugaan keterlibatannya dalam pelanggaran hak asasi manusia, termasuk memotong telinga tawanan.

Al-Kildani membantah tuduhan tersebut dan menuduh komunitas internasional tidak berterima kasih setelah peran kelompoknya dalam perang melawan ISIS.

Dia menuduh Partai Demokrat Kurdi, partai yang berkuasa di wilayah Kurdi dan saingan Partai Persatuan Patriotik Kurdistan milik presiden Irak, dan Amerika Serikat merekayasa penarikan Sako dari Baghdad karena alasan politik.

Bagi sebagian orang Kristen, drama itu dibayangi oleh masalah yang lebih mendesak.

Ketika warga Baghdad Anan al-Dawi meninggalkan Misa yang jarang dihadiri pada hari Minggu, perhatian utamanya adalah pemadaman listrik baru-baru ini di musim panas yang terik. Dia melontarkan nada diplomatis terkait perseteruan antara Sako dan al-Kildani.

Meski secara fisik tidak ada, katanya, Sako “hidup di hati kami semua.” Adapun kelompok al-Kildani, dia berkata: “Saya melayani negara dengan cara saya. Anda menyajikannya di milik Anda, dan mereka juga melayani negara mereka.”

Kembali ke dataran Niniwe, di kota Batnaya, yang dipatroli oleh anggota milisi Kildani, Lawrence Sabah memiliki sebuah pabrik kecil tempat dia membuat gagang pel dari kayu yang diimpor dari Rusia. Sabah tidak membagikan pendapatnya tentang Sako atau al-Kildani, tetapi dia memiliki keluhan lain.

“Tidak ada layanan, bahkan air terkadang tidak datang, dan 70 atau 80 persen rumah hancur,” katanya. Dia berharap untuk bergabung dengan orang tua dan saudara kandungnya, yang telah bermukim kembali di California.

Sekitar delapanh kilometer ke utara, di wilayah yang dikuasai Kurdi, Raad Ekram memiliki toko pasokan listrik di kota Telskof yang berpenduduk jarang. Ketika keluarganya mengungsi dari desa ke kota Dohuk, Ekram yakin dia mendapat sedikit perhatian dari pemerintah Irak dan gereja.

“Kami tidak pernah melihat patriark,” katanya. "Tentu saja, saya tidak menerima apa yang terjadi padanya ... dan saya tidak menerima dia dirugikan." Tetapi sang patriark "tidak melakukan semua yang seharusnya dia lakukan untuk kita".

Dia mendorong anak-anaknya untuk mencari peruntungan di luar negeri. “Tidak ada yang tersisa di Irak,” katanya, “terutama untuk orang Kristen.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home