Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:49 WIB | Selasa, 08 Desember 2015

Korut Deklarasikan Perang terhadap Pembalakan Hutan

Ilustrasi: Liberia dan Uni Eropa telah menandatangani kesepakatan untuk mencegah ekspor kayu ilegal industri kehutanan negara. (Foto: bbc.com)

LE BOURGET, SATUHARAPAN.COM - “Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melancarkan perang terhadap pembalakan hutan,” kata Menteri Luar Negeri Ri Su Yong pada Senin (7/12), di konferensi iklim Paris, menunjukkan komitmen untuk terlibat secara aktif dalam aktivitas lingkungan global.

Negara tertutup itu, termasuk salah satu dari 195 negara, yang menghadiri konferensi di Paris untuk menyusun perjanjian, yang bertujuan membatasi polusi gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim.

“Kim menyatakan perang terhadap pembalakan hutan, dan sudah mengajukan proyek masif untuk mengubah semua wilayah pegunungan di negara tersebut menjadi gunung lebat yang tertutup pepohonan,“ katanya kepada para delegasi.

RI mengatakan, negara itu berencana akan merampungkan inisiatif penanaman pohon berskala besar selama satu dekade mendatang, yang akan membantu upaya nasional tersebut, untuk mencegah perubahan iklim dengan mengurangi polusi gas rumah kaca.

Dia juga menekankan, Korea Utara berupaya mengurangi jumlah total polusi gas rumah kaca negara tersebut sebesar 37,4 persen, dibandingkan dengan level pada 1990-an.

Polusi karbon Korea Utara merosot pada 1990-an, saat perekonomian negara itu runtuh, namun perlahan-pahan kembali bangkit dalam beberapa tahun terakhir.

“Pemerintah Korea Utara, akan terus konsisten melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pendukung UN Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) dan terlibat secara aktif dalam upaya internasional untuk melindungi lingkungan global,” kata Ri.(AFP/Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home