Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:20 WIB | Kamis, 10 Desember 2015

Meksiko Investasikan Rp 321,5 Triliun Kurangi Gas Rumah Kaca

Ilustrasi kendaraan bermotor bertanggung jawab untuk hampir setengah dari emisi gas rumah kaca Mexico City. (Foto; wri.org)

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM – “Pemerintah Meksiko mengatakan, pihaknya akan menginvestasikan 23 miliar dolar AS (sekitar Rp 321,5 triliun) di pengilangan, untuk memangkas 90 persen emisi gas rumah kaca dari bensin dan mengurangi beberapa ton produksi dari empat fasilitas, Selasa (8/12).

Saat pemerintah dunia menggelar perundingan iklim di Paris, kantor Presiden Enrique Pena Nieto mengumumkan proyek senilai 3,1 miliar dolar AS (sekitar Rp 43,4 triliun), untuk mengurangi kandungan sulfur dalam bensin. Proyek tersebut ditargetkan bisa dirampungkan di enam pengilangan pada awal 2016.

Investasi lain sebesar tiga miliar dolar AS (sekitar Rp 41,95 triliun), akan disalurkan di tiga pengilangan dan sebuah pabrik pengolahan gas, agar mereka bisa memproduksi listrik sendiri, mengurangi gas rumah kaca sebesar 3.000 ton per megawat yang dihasilkan tiap tahun. Proyek itu akan dimulai pada 2018-2019.

Pemerintah juga akan mengeluarkan 13 miliar dolar AS (sekitar Rp181,8 triliun), untuk menambah kapasitas dalam mengolah minyak mentah dan 3,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 54,5 triliun), untuk mengurangi kebutuhan impor solar dengan kandungan sulfur rendah.

Pena Nieto dijadwalkan akan mengumumkan investasi tersebut pada Selasa. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home