Loading...
INDONESIA
Penulis: Tunggul Tauladan 15:36 WIB | Selasa, 25 Februari 2014

KPU DIY Siapkan 11 Juta Lembar Surat Suara untuk Pemilu 2014

Kantor KPU Kota Yogyakarta. (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan 11 juta lembar surat suara untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang. Jumlah tersebut disesuaikan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah diterima oleh KPU DIY, yaitu sejumlah 2.723.742 pemilih.

“Setiap pemilih nantinya akan mendapatkan empat jenis surat suara, yaitu surat suara untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kota, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD),” ujar Kepala Divisi Logistik dan Rumah Tangga KPU DIY, Guno Tri Tjahja pada Senin (24/2). 

Menurut Guno, jumlah 11 juta lembar surat suara yang dicetak di Solo, Jawa Tengah tersebut termasuk 2% surat suara cadangan. 

“Surat suara cadangan untuk mengantisipasi adanya pemilih dari luar DIY yang menggunakan hak pilihnya di wilayah DIY, misalnya para mahasiswa dari luar DIY yang tinggal di asrama atau kamar kost yang ketika Pemilu mereka tidak pulang ke daerahnya masing-masing,” lanjut Guno.

Pengawalan Surat Suara

Guno Tri Tjahya juga menjelaskan bahwa setelah surat suara selesai dicetak di Solo, maka akan dikawal oleh pihak kepolisian menuju ke Yogyakarta.

“Kami sudah berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengawal surat suara dari percetakan di Solo ke Yogyakarta. Pengawalan ketat dilakukan untuk mengantisipasi adanya kebocoran surat suara,” demikian disampaikan oleh Guno.

Selain pengawasan ketat dari Solo ke Yogyakarta, kepolisian juga akan melakukan pengawalan surat suara dari KPU DIY ke KPU Kabupaten/ Kota. Tak berhenti sampai tingkat KPU Kabupaten/ Kota, pengawalan juga dilakukan hingga surat suara tiba di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di empat kabupaten dan satu kotamadya di wilayah DIY.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home