Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 08:11 WIB | Jumat, 17 Februari 2017

KPU Kebut Input Data C1

Ilustrasi. Surat suara. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta berupaya mengebut untuk memasukkan data C1 pada Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran pertama.  

"Input data C1 dan entry data C1 ditargetkan hari ini (Kamis) selesai seperti target KPU tadi malam," kata Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno di Hotel Bidakara, hari Kamis (16/2).

Sumarno mengakui ada kendala teknis C 1 di beberapa wilayah yang dimasukkan ke kotak dan dikirim ke kecamatan.

"Memang ada kendala teknis C1 di beberapa wilayah yang dimasukan kotak lalu dikirim ke kecamatan, itu harus dibuka dalam forum rapat pleno rekapitulasi yang sekarang masih berlangsung. Kami menunggu C1 dalam kotak karena itu beberapa C1 di beberapa TPS masih kosong sehngga kami maksimalkan," kata dia.

Menurut Sumarno input data C 1 ini hanya menampilkan bukan mengumumkan karena ini bukan hitungan resmi.

"Kami hanya menampilkan bukan mengumumkan karena ini bukan hitungan resmi. Mengumumkan kalau hitungan resmi ini hanya data sanding saja," kata dia.

‎Ahok-Djarot Unggul

Berdasarkan pantauan di pusat data rekapitulasi data C1 KPU Jakarta di Hotel Bidakara Jakarta, sudah 12.795 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang datanya masuk dari total 13.023 TPS.

Dari situs resmi KPU Jumat (16/2) pagi, suara yang masuk sudah hampir 100 persen. Hasilnya, pasangan nomor urut dua, Basuki-Djarot unggul atas pasangan nomor urut tiga Anies-Sandi dengan persentase suara masing-masing 42,96 persen (2.314.130 suara) dan 40,01 persen (2.154.954 suara).

Ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang bertarung dalam Pilkada Jakarta yaitu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki T Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Dalam Pilkada 2017, total Daftar Pemilih Tetap di DKI Jakarta sebanyak 7.108.589 dan KPU Jakarta telah menyiapkan 7,2 juta surat suara. Dalam Pilkada DKI Jakarta terdapat 13.023 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Input dan pemindaian formulir C1 hasil pemungutan suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, sejak Rabu (15/2) sore. 

Setelah di pindai, petugas operator mengunggah data tersebut agar dapat dipantau oleh berbagai pihak melalui aplikasi Situng.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home