Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:03 WIB | Rabu, 03 Mei 2023

KTT ASEAN, Bidang Sosial Budaya Prioritas Perlindungan Pekerja Migran

Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Labuhan Bajo, tempat KTT ke-42 ASEAN akan diselenggar4akan. (Foto: dok. BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Prioritas capaian Indonesia di KTT ASEAN bidang Sosial Budaya pada penguatan kerja sama pelindungan pekerja migran, arsitektur kesehatan kawasan, dan peningkatan pembangunan kawasan perdesaan

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) tahun 2023 akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, pada hari Selasa (2/5/2023) di Jakarta, mengatakan, “Isu prioritas tersebut, selain sejalan dengan Pilar Epicentrum of Growth dalam Keketuaan Indonesia 2023, juga akan memperkuat Pilar Sosial Budaya ASEAN secara umum,” katanya.

Staf Khusus Hubungan Luar Negeri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kusnanto Anggoro, saat memimpin pertemuan Pejabat Tinggi Pilar Sosial Budaya (SOCA) ke-34, April 2023 lalu, menekankan bahwa seluruh negara anggota ASEAN menyambut baik dan sepakat untuk mendorong percepatan proses deliverables Indonesia di Pilar Sosial Budaya ASEAN.

Dalam pertemuan SOCA ke-34, isu pengarusutamaan disabilitas dan peningkatan peran pemuda juga mendapatkan perhatian tersendiri. “Pertemuan mengapresiasi terselenggaranya ASEAN Youth Dialogue 2023 di Jakarta dan mengharapkan inisiatif terkait keberperanan pemuda ini terus dikembangkan, serta mencatat rencana penyelenggaraan Dialog Tingkat Tinggi terkait Isu Disabilitas,” kata Kusnanto.

Keanggotaan Timor Leste

Pada kesempatan itu, Indonesia memberikan perhatian dan dukungan dalam penyiapan Timor Leste menjadi anggota ASEAN melalui program pemagangan ASN Timor Leste di berbagai Kementerian/Lembaga di Indonesia. Ini adalah bentuk komitmen Indonesia untuk meningkatkan kapasitas Timor Leste.

Pertemuan SOCA adalah pertemuan Pejabat Tinggi Pilar Sosial Budaya ASEAN yang bertemu dua kali dalam satu tahun untuk membahas berbagai isu lintas sektor. Tahun ini, Indonesia menjadi Ketua pertemuan tersebut.

Pada 8 Mei 2023 di Bali akan diselenggarakan pertemuan tingkat Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN (ASCC Council) yang akan dipimpin Menteri Koordinator Bidang PMK RI selaku Ketua ASCC Council 2023.​

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home