Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:42 WIB | Selasa, 03 Oktober 2023

Kurang Dukungan, Kedutaan Besar Afghanistan di New Delhi, India, Ditutup

Seorang pesepeda melintas di depan Kedutaan Besar Afghanistan di New Delhi, India, hari Sabtu (30/9). (Foto: AP/Altaf Qadri)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Kedutaan Besar Afghanistan di New Delhi, India akan ditutup mulai hari Minggu (1/10) karena kurangnya dukungan diplomatik di India dan tidak adanya pemerintahan yang diakui di Kabul.

Namun pihaknya akan terus memberikan layanan konsuler darurat kepada warga negara Afghanistan, katanya dalam sebuah pernyataan.

“Ada pengurangan signifikan dalam personel dan sumber daya yang tersedia bagi kami, sehingga semakin sulit untuk melanjutkan operasi,” kata pernyataan itu.

India belum mengakui pemerintahan Taliban, yang merebut kekuasaan di Afghanistan pada Agustus 2021. India mengevakuasi stafnya sendiri dari Kabul menjelang penarikan pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan dua tahun lalu dan tidak lagi memiliki kehadiran diplomatik di sana.

Kedutaan Besar Afghanistan di New Delhi dijalankan oleh staf yang ditunjuk oleh pemerintahan mantan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, yang digulingkan, dengan izin dari pihak berwenang India.

Belum ada komentar langsung dari Kementerian Luar Negeri India, namun seorang pejabat mengatakan pekan lalu bahwa duta besar Afghanistan meninggalkan India beberapa bulan lalu dan diplomat Afghanistan lainnya dilaporkan telah berangkat ke negara ketiga setelah menerima suaka.

India mengatakan akan mengikuti jejak PBB dalam memutuskan apakah akan mengakui pemerintah Taliban.

Pernyataan Kedutaan Besar Afghanistan mengatakan bahwa mereka ingin mencapai kesepakatan dengan pemerintah India untuk memastikan bahwa kepentingan warga Afghanistan yang tinggal, bekerja, belajar dan melakukan bisnis di India terlindungi.

Menurut badan pengungsi PBB, warga Afghanistan merupakan sepertiga dari hampir 40.000 pengungsi yang terdaftar di India. Namun angka tersebut belum termasuk mereka yang tidak terdaftar di PBB.

Tahun lalu, India mengirimkan bahan-bahan bantuan, termasuk gandum, obat-obatan, vaksin COVID-19, dan pakaian musim dingin ke Afghanistan untuk membantu mengatasi kekurangan di sana. Pada Juni tahun lalu, India mengirimkan tim pejabat ke kedutaan besarnya di Kabul. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home