Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 11:29 WIB | Jumat, 26 Januari 2024

LA Times, Media Berusia 143 Tahun, Akan PHK 20 Persen Staf Redaksi

Orang-orang berjalan melewati gedung surat kabar Los Angeles Times milik Tribune Publishing Co, di Los Angeles, California, AS, pada 27 April 2016. (Foto: dok. Reuters)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM-Media massa Los Angeles Times mengatakan mereka berencana memberhentikan setidaknya 115 karyawan, lebih dari 20 persen dari ruang redaksi, mulai Selasa (23/1), salah satu pengurangan staf terbesar dalam 143 tahun sejarah surat kabar tersebut.

Pengumuman ini muncul setelah LA Times Guild meninggalkan pekerjaannya pada hari Jumat lalu untuk memprotes PHK yang akan segera terjadi, yang merupakan penghentian kerja serikat pekerja ruang redaksi yang pertama di lembaga tersebut.

Matt Pearce, presiden Media Guild of the West, yang mencakup serikat pekerja Times, menyebut pada hari Selasa (23/1) sebagai “hari yang gelap.” Ia mengatakan, sedikitnya 94 anggota serikat pekerja akan diberhentikan.

“Banyak departemen dan klaster di ruang redaksi akan sangat terpukul,” kata Pearce dalam sebuah pernyataan. “Jumlah total ini, walaupun sangat buruk, namun masih jauh lebih rendah dari jumlah PHK yang diperkirakan oleh Komite Perundingan pada pekan lalu.”

Dia mengatakan beberapa dari mereka yang dipilih untuk diberhentikan oleh manajemen mungkin memenuhi syarat berdasarkan kontrak serikat pekerja.

Editor senior, fotografer dan anggota unit video juga merupakan bagian dari pembersihan tersebut, kata Times.

Pemotongan ini diperlukan karena Times tidak bisa lagi merugi hingga US$ 40 juta per tahun tanpa meningkatkan pendapatan iklan dan langganan, kata pemilik surat kabar tersebut, Dr. Patrick Soon-Shiong, pada hari Selasa.

“Keputusan hari ini menyakitkan bagi semua orang, namun penting bagi kita untuk bertindak segera dan mengambil langkah-langkah untuk membangun surat kabar yang berkelanjutan dan berkembang untuk generasi berikutnya. Kami berkomitmen untuk melakukannya,” kata Soon-Shiong.

PHK dan pembelian saham telah berdampak luas pada industri berita selama setahun terakhir. The Washington Post, NPR, CNN dan Vox Media termasuk di antara banyak perusahaan yang terkena dampaknya.

Diperkirakan 2.681 pekerjaan di industri berita hilang hingga akhir November, menurut perusahaan ketenagakerjaan Challenger, Gray dan Christmas. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun penuh pada tahun 2022 dan 2021.

Putaran terakhir pemutusan hubungan kerja di LA Times terjadi setelah lebih dari 70 posisi, sekitar 13 persen dari ruang redaksi, dipangkas pada bulan Juni lalu.

“Pemotongan staf ini adalah hasil dari strategi yang tidak terlalu matang selama bertahun-tahun, tidak adanya penerbit, dan tidak adanya arah yang jelas,” kata serikat pekerja tersebut dalam sebuah pernyataan pada Selasa sore.

“Kami tetap berterima kasih atas investasi keluarga Soon-Shiong di surat kabar, dan kami tetap berkomitmen untuk menjadi mitra yang beritikad baik dalam bisnis dan meja perundingan. Namun jelas bahwa mereka yang dipercaya untuk mengurus harta keluarganya telah mengecewakannya, bukan anggota staf biasa yang tidak memiliki suara dalam prioritas editorial.”

Soon-Shiong, seorang miliarder bioteknologi, mengakuisisi Times pada tahun 2018, mengembalikannya ke kepemilikan lokal dua dekade setelah dijual ke Tribune Co. Pembelian tersebut meningkatkan harapan setelah bertahun-tahun mengalami pengurangan, penurunan sirkulasi, dan perubahan kepemimpinan.

Awal bulan ini, Editor Eksekutif Kevin Merida tiba-tiba keluar setelah menjabat selama 2 1/2 tahun.

Pearce mengatakan komite perundingan serikat pekerja akan bertemu dengan manajemen Times pada hari Rabu (24/1) untuk memulai diskusi mengenai PHK sebagaimana diatur dalam kontrak. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home