Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 12:59 WIB | Sabtu, 11 November 2023

Jurnalis Bersama Hamas pada Serangan 7 Oktober, Israel Minta Klarifikasi Media Internasional

Israel menilai keberadaan mereka dapat dianggap terlibat dalam kejahatan kemanusiaan.
Jurnalis Bersama Hamas pada Serangan 7 Oktober, Israel Minta Klarifikasi Media Internasional
Warga Gaza merayakan dengan tank Israel yang hancur di pagar perbatasan Israel-Gaza yang rusak, sebelah timur Khan Younis, pada 7 Oktober 2023. (Foto: dok, AP/Yousef Masoud via ToI)
Jurnalis Bersama Hamas pada Serangan 7 Oktober, Israel Minta Klarifikasi Media Internasional
Hassan Eslaiah berfoto bersama pemimpin Hamas dan dalang pembantaian 7 Oktober, Yahya Sinwar. (Foto: via ToI)
Jurnalis Bersama Hamas pada Serangan 7 Oktober, Israel Minta Klarifikasi Media Internasional
Warga Palestina merayakannya di dekat tank Israel yang hancur di pagar Jalur Gaza sebelah timur Khan Younis, 7 Oktober 2023. (Foto: dok. AP/Hassan Eslaiah via ToI)
Jurnalis Bersama Hamas pada Serangan 7 Oktober, Israel Minta Klarifikasi Media Internasional
Warga Palestina dari Jalur Gaza memasuki Kibbutz Kfar Aza pada 7 Oktober 2023, di tengah serangan besar-besaran yang dilakukan kelompok teror Hamas. (Foto: dok.AP/Hassan Eslaiah/ via ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel pada hari Kamis (9/11) meminta media internasional menjelaskan keadaan di mana para fotografer yang dibayar oleh mereka hadir di lokasi serangan mendadak pada tanggal 7 Oktober oleh kelompok teror Hamas di Israel selatan, dan memperingatkan bahwa mereka dapat dianggap terlibat dalam kejahatan tersebut.

Langkah ini dilakukan setelah kelompok pengawas pro-Israel, Honest Reporting, menerbitkan sebuah laporan pada hari Rabu yang menunjukkan bahwa fotografer yang digunakan oleh The Associated Press, Reuters, The New York Times, dan CNN memberikan gambar yang diambil saat serangan sedang berlangsung dari daerah perbatasan dan termasuk dari dalam. Israel – mengisyaratkan bahwa mereka mungkin sudah mengetahui sebelumnya mengenai penyerangan tersebut.

Laporan tersebut juga menimbulkan pertanyaan tentang hubungan antara beberapa fotografer dan kelompok teror Hamas yang menguasai Gaza.

Media Irael, Time of Israel, dalam beritanya menyebutkan bahwa AP, Reuters dan The New York Times semuanya membantah mengetahui adanya serangan tersebut dan menegaskan kembali bahwa peran mereka adalah untuk meliput peristiwa-peristiwa berita terkini.

Sementara itu, CNN mengatakan pihaknya telah memutuskan hubungan dengan salah satu fotografer yang disebutkan dalam laporan tersebut meskipun tidak ada alasan untuk meragukan “akurasi jurnalistik” karyanya.

Sistem Informasi Nasional, sebuah departemen di Kantor Perdana Menteri Israel, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (9/11) bahwa mereka “menanggapi dengan sangat serius fenomena jurnalis yang bekerja dengan media internasional bergabung (dengan penyerang) untuk meliput pembantaian brutal yang dilakukan oleh teroris Hamas pada hari Sabtu, 7/10/2023 di komunitas sekitar Gaza.”

Dikatakan bahwa Kantor Pers Pemerintah “mengeluarkan surat mendesak kepada pimpinan sistem media tempat para fotografer ini bekerja, dan meminta klarifikasi mengenai masalah tersebut.” Namun, tanpa mendapat jawaban, mereka menyimpulkan bahwa: “Orang-orang media ini terlibat dalam kejahatan terhadap kemanusiaan.”

“Ini merupakan pelanggaran aturan etika profesi,” kata pernyataan itu. “Sistem Informasi Nasional menuntut tindakan segera diambil.”

Menteri Komunikasi Shlomo Karhi juga mengirimkan surat kepada The New York Times yang menegaskan bahwa fotografer dan pihak lain di surat kabar tersebut mengetahui sebelumnya tentang serangan tersebut dan mendesak surat kabar tersebut untuk menyelidikinya.

“Saya menulis kepada Anda dengan keprihatinan mendalam mengenai laporan baru-baru ini tentang dugaan keterlibatan karyawan Anda dalam peristiwa tragis di Israel selatan,” tulis Karhi. “Kami mendapat perhatian bahwa individu tertentu dalam organisasi Anda, termasuk fotografer dan pihak lain, memiliki pengetahuan sebelumnya tentang tindakan mengerikan ini dan mungkin memiliki hubungan yang meresahkan dengan para pelakunya.”

“Saya segera meminta penyelidikan menyeluruh atas masalah ini,” tulis Karhi. “Gawatnya situasi ini memerlukan respons yang cepat dan menyeluruh.”

The New York Times menolak tuduhan tersebut, dengan mengatakan mengenai fotografer, Yousef Masoud, bahwa “Tidak ada bukti atas sindiran Honest Reporting.”

Meskipun Masoud tidak bekerja untuk surat kabar tersebut pada hari serangan itu terjadi, surat kabar tersebut menambahkan: “Tinjauan kami terhadap karyanya menunjukkan bahwa dia melakukan apa yang selalu dilakukan jurnalis foto selama peristiwa berita besar, mendokumentasikan tragedi yang terjadi.”

Ia menambahkan bahwa pekerjaan jurnalis foto lepas “sering kali mengharuskan mereka bergegas menghadapi bahaya untuk memberikan kesaksian langsung dan mendokumentasikan berita penting.”

Menteri Benny Gantz, seorang anggota kabinet perang yang dibentuk untuk mengawasi konflik tersebut, mengatakan dalam sebuah postingan di feed X-nya (sebelumnya Twitter): “Wartawan diketahui mengetahui tentang pembantaian tersebut, dan masih memilih untuk berdiri sebagai penonton yang menganggur sementara anak-anak dibantai, tidak ada bedanya dengan teroris dan harus diperlakukan seperti itu.”

Pada tanggal 7 Oktober, Hamas memimpin lebih dari 3.000 teroris yang menyerbu perbatasan Jalur Gaza dan mengamuk secara mematikan di Israel selatan. Orang-orang bersenjata menyerbu komunitas, membantai sekitar 1.400 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil di rumah mereka atau di festival musik besar-besaran di luar ruangan. Setidaknya 240 orang disandera dan diseret ke Gaza. Ratusan kasus kebrutalan dan pelecehan tercatat.

Banyak penyerang yang merekam tindakan mereka dengan kamera tubuh atau peralatan video lainnya dan gambar tersebut dipublikasikan oleh Hamas.

Serangan gencar, yang dimulai sekitar pukul 06:30, terjadi di bawah perlindungan ribuan roket yang ditembakkan ke Israel. Serangan ini dilaporkan direncanakan secara sangat rahasia dan hanya komandan senior Hamas yang mengetahui skala penuh dan ruang lingkup serangan tersebut sebelum serangan terjadi.

Dalam laporannya, Honest Reporting bertanya: “Apakah masuk akal untuk berasumsi bahwa ‘jurnalis’ muncul begitu saja di pagi hari di perbatasan tanpa koordinasi terlebih dahulu dengan para teroris? Atau apakah mereka bagian dari rencana?”

“Beberapa kekejaman (teroris Hamas) terekam oleh jurnalis foto yang berbasis di Gaza yang bekerja untuk kantor berita Associated Press dan Reuters yang kehadirannya di pagi hari di perbatasan yang dilanggar menimbulkan pertanyaan etika yang serius,” tulisnya.

Situs tersebut mencantumkan empat jurnalis foto yang namanya muncul dalam foto Associated Press dari daerah perbatasan Israel-Gaza pada hari serangan: Hassan Eslaiah, Yousef Masoud, Ali Mahmud, dan Hatem Ali.

Eslaiah, katanya, melintasi perbatasan menuju Israel dan mengambil gambar tank IDF yang terbakar. Dia juga memotret para penyerang memasuki Kibbutz Kfar Aza, tempat puluhan warga sipil dibantai. Laporan tersebut mengatakan bahwa dalam tweet yang sekarang dihapus yang diposting ke feed X-nya, Eslaiah terlihat di depan tank tetapi tidak mengenakan rompi pers yang akan mengidentifikasi dia sebagai anggota media.

Sebuah foto juga muncul secara online yang memperlihatkan Eslaiah dicium oleh pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar. Tidak jelas kapan foto itu diambil, namun tampaknya terjadi sebelum serangan 7 Oktober.

Honest Reporting mengatakan Masoud juga mengambil gambar tank yang hancur. Mahmud dan Ali sama-sama memotret orang-orang yang diculik dari Israel di Gaza, kata laporan itu.

Nama beberapa fotografer telah dihapus dari gambar serangan di database AP, kata pengawas tersebut. (Pada saat penulisan, kredit Eslaiah memang telah dihapus dari database AP dari foto di bagian atas artikel ini dan dari foto lain yang diambilnya pada tanggal 7 Oktober.)

Reuters menerbitkan gambar dari dua fotografer, Mohammed Fayq Abu Mostafa dan Yasser Qudih. Kedua pria tersebut tampaknya menyeberang ke Israel dari Gaza untuk memotret tank yang terbakar, menurut laporan tersebut.

“Bahkan jika mereka tidak mengetahui rincian pasti tentang apa yang akan terjadi, begitu hal itu terjadi, apakah mereka tidak menyadari bahwa mereka telah melanggar perbatasan? Dan jika ya, apakah mereka memberitahu kantor berita tersebut? Tidak diragukan lagi, semacam komunikasi diperlukan, sebelum, sesudah, atau selama serangan, agar foto-foto tersebut dipublikasikan,” tanya pengawas tersebut.

“Bagaimanapun, ketika kantor berita internasional memutuskan untuk membayar materi yang diambil dalam kondisi bermasalah seperti itu, standar mereka mungkin dipertanyakan dan audiens mereka berhak mengetahuinya. Dan jika orang-orang di lapangan secara aktif atau pasif berkolaborasi dengan Hamas untuk mendapatkan suntikan, mereka harus dipanggil untuk mendefinisikan kembali batas antara jurnalisme dan barbarisme.”

Channel 12 Israel menyatakan pada hari Kamis, tanpa menyebutkan nama, bahwa para fotografer ini “tidak berada di sana pada pukul 6:30 pagi” ketika pagar perbatasan ditembus di beberapa lokasi, “dan tampaknya bukan pada gelombang pertama setelah pelanggaran tersebut.”

Argumennya adalah mengenai “gelombang kedua dan beberapa saat setelah itu, sekitar jam 08:00 pagi,” kata laporan TV tersebut.

Menanggapi outlet Ynet, CNN mengatakan telah berhenti bekerja dengan Eslaiah.

“Kami mengetahui artikel dan foto mengenai Hassan Eslaiah, seorang jurnalis foto lepas yang telah bekerja dengan sejumlah media internasional dan Israel. Meskipun saat ini kami belum menemukan alasan untuk meragukan keakuratan jurnalistik dari pekerjaan yang telah dia lakukan untuk kami, kami telah memutuskan untuk menangguhkan semua hubungan dengannya,” kata CNN.

Associated Press mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka “tidak mengetahui serangan 7 Oktober sebelum terjadi. Peran AP adalah mengumpulkan informasi mengenai peristiwa-peristiwa berita terkini di seluruh dunia, di mana pun peristiwa itu terjadi, bahkan ketika peristiwa-peristiwa tersebut mengerikan dan menimbulkan korban jiwa yang besar.”

AP menggunakan gambar yang diambil oleh pekerja lepas di seluruh dunia, termasuk di Gaza,” katanya.

Kantor berita Reuters juga membantah mengetahui adanya serangan tersebut sebelumnya. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home