Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:03 WIB | Sabtu, 18 Mei 2024

Lawrence Wong, PM Singapura Yang Baru Hadapi Tantangan Konflik Dunia dan Penuh Risiko

Wakil Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong, dilantik sebagai Perdana Menteri Singapura keempat di Istana, di Singapura, 15 Mei 2024. (Foto: Reuters)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM-Singapura pada hari Rabu (15/5) melantik Lawrence Wong sebagai perdana menteri barunya, menggantikan Lee Hsien Loong setelah dua dekade menjabat, dan pemimpin baru tersebut memperingatkan bahwa negara kota yang bergantung pada perdagangan ini menghadapi dunia yang lebih berisiko dan penuh konflik.

Wong, mantan wakil perdana menteri, menjadi orang kedua di luar keluarga Lee yang memimpin negara kaya itu ketika ia dilantik di Istana, kantor pemerintah, tak lama setelah pukul 20:00 waktu setempat.

“Kami akan memimpin dengan cara kami sendiri. Kami akan terus berpikir dengan berani dan berpikir jauh,” kata pria berusia 51 tahun itu dalam pidato perdananya, seraya menambahkan bahwa “babak terbaik dari kisah Singapura kita ada di depan.”

Anggota kabinet Wong juga dilantik, termasuk pendahulunya Lee, 72 tahun, yang ditunjuk sebagai penasihat menteri senior.

Wong juga mengatakan warga Singapura “menghadapi dunia yang penuh konflik dan persaingan,” dengan ketegangan geopolitik, proteksionisme, dan nasionalisme yang mungkin berlangsung selama bertahun-tahun.

“Kita harus mempersiapkan diri menghadapi kenyataan ini dan beradaptasi dengan dunia yang lebih berantakan, lebih berisiko, dan penuh kekerasan,” kata Wong.

Ekonom lulusan Amerika Serikat ini secara luas dipandang sebagai pendukung yang paham media sosial dan secara efektif menangani krisis COVID-19 ketika ia mengawasi gugus tugas pandemi pemerintah.

“Dia membawa gaya kepemimpinan yang lebih selaras dengan generasi yang berbeda,” kata Mustafa Izzuddin, analis politik di konsultan Solaris Strategies Singapura.

“Prinsip inti Singapura akan tetap ada karena ini adalah sistem yang telah berjalan selama bertahun-tahun. Tapi menurut saya gayanya mungkin sedikit berbeda karena dia berasal dari generasi yang berbeda.”

Wong, yang akan tetap menjabat sebagai menteri keuangan, terpilih sebagai pewaris Lee pada tahun 2022 dari generasi baru anggota parlemen dari Partai Aksi Rakyat (PAP), yang memerintah tanpa gangguan sejak kemerdekaan Singapura pada tahun 1965.

Patriark Yang Keras

Lee Kuan Yew, ayah Lee Hsien Loong, adalah perdana menteri pertama Singapura ketika Singapura menjadi negara berdaulat setelah persatuan singkat yang gagal dengan Malaysia.

Sang patriark yang tegas, yang pernah berkata bahwa dia lebih suka ditakuti daripada dicintai, mengawasi transformasi Singapura dari pos kolonial Inggris yang sepi menjadi pusat keuangan hanya dalam waktu sekitar 30 tahun.

Lee yang lebih tua menyerahkan kekuasaan pada tahun 1990 kepada wakilnya, mantan eksekutif pelayaran, Goh Chok Tong, yang pada awalnya dianggap sebagai “penghangat kursi” bagi putra sang kepala keluarga.

Namun Goh bertahan selama 14 tahun sebelum Lee Hsien Loong mengambil alih pada tahun 2004.

Wong, perdana menteri keempat dalam sejarah Singapura, harus memimpin PAP menuju pemilihan umum berikutnya, yang baru akan dilaksanakan pada bulan November 2025 tetapi dapat dilaksanakan pada awal tahun ini.

“Kami sedang melihat saat ketika cengkeraman partai berkuasa terhadap politik tampak lebih lemah dibandingkan sebelumnya,” kata analis politik Eugene Tan.

“Kita berbicara tentang lanskap politik yang lebih kompetitif, kita berbicara tentang masyarakat Singapura yang merasa bahwa akan lebih baik jika Singapura memiliki oposisi yang kuat,” kata Tan, profesor hukum di Universitas Manajemen Singapura.

Pihak oposisi mempunyai kinerja terkuat sejak kemerdekaan pada pemilu sebelumnya pada tahun 2020, namun nyaris tidak menghasilkan banyak pengaruh di parlemen, dengan 83 dari 93 kursi dimenangkan oleh PAP.

Citra PAP yang bersih baru-baru ini ternoda oleh skandal yang menyebabkan dua anggota parlemen mengundurkan diri dan seorang menteri didakwa melakukan korupsi.

Partai Pekerja, kelompok oposisi utama Singapura, juga dilanda skandal, dengan dua anggotanya mengundurkan diri dan pemimpinnya didakwa memberikan kesaksian palsu di hadapan komite parlemen.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, menyampaikan ucapan selamat kepada Wong pada hari Rabu. Singapura adalah mitra pertahanan utama Amerika Serikat, yang berupaya melawan meningkatnya keagresifan China di kawasan.

Amerika Serikat berharap dapat bekerja sama dengan Wong “untuk lebih memperkuat kemitraan strategis AS-Singapura dan menegakkan norma dan standar internasional di kawasan Indo-Pasifik dan di seluruh dunia,” kata Blinken dalam sebuah pernyataan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home