Loading...
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:21 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

Lebaran, Kemenkominfo Hentikan Proses Penataan 4G LTE

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara usai menggelar konferensi pers tentang Kesiapan Pemerintah Ramadan dan Lebaran di Kantor Kemenkominfo Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (19/6). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Komunikasi dan Informasi akan menghentikan sementara proses penataan frekuensi 1.800 Mhz untuk 4G LTE selama Ramadan dan Lebaran agar masyarakat dapat lancar berkomunikasi.

“Untuk memastikan kenyamanan masyarakat untuk berkomunikasi selama Ramadan dan Lebaran, kami (Kemenkominfo) dan operator menyepakati pemberhentian sementara proses refarming dimulai dua minggu sebelum Lebaran dan dua minggu setelah Lebaran,” kata Rudiantara di Kantor Kemenkominfo Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Jumat (19/6).

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi untuk pemudik, Kemenkominfo akan melakukan drive test yang akan diikuti oleh operator penyedia layanan telekomunikasi.

Drive test ini untuk mengukur layanan panggilan, SMS dan layanan data sepanjang rute. Untuk layanan panggilan suara melakukan panggilan selama dua menit jeda 30 detik dan diulang selama rute perjalanan,” kata dia.

Selain drive test, uji jaringan secara stationary test juga akan dilakukan. Prosedur ini hampir sama dengan drive test tapi dilakukan di lokasi keramaian seperti bandara, pelabuhan dan stasiun.

Pengecekan kesiapan lainnya adalah pelayanan pelanggan dan call center, distribusi voucher dan network operation center.

Rudiantara mengungkapkan bahwa uji petiknya untuk jalur mudik Sumatera yaitu jalur darat Jakarta-Lampung pada 24-25 Juni 2015 serta beberapa titik di Medan seperti di Bandara Kualanamu dan Pelabuhan Belawan.

Sedangkan jalur mudik kereta api khusus di Jawa akan dilakukan uji petik di jalur utara pada 30 Juni  2015 dan jalur selatan pada 1-2 Juli 2015.

Uji petik juga akan dilakukan di sejumlah daerah seperti Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali dan Makassar.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home