Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:27 WIB | Rabu, 11 Februari 2015

LIPI Prioritaskan Pembangunan 14 Kebun Raya

Rumah Kantung Semar di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (11/4). (Foto: Antara)

BOGOR, SATUHARAPAN.COM – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI,) menjadikan pembangunan 14 kebun raya yang tersebar di sejumlah daerah sebagai prioritas, selama 2015 hingga 2019.

“Ada 14 kebun raya daerah yang menjadi prioritas untuk dibangun hingga 2019 nanti, baik itu kebun raya daerah yang terletak di perkotaan maupun non-perkotaan,” kata Kepala Subbidang Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex-Situ Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor-LIPI, Ir Dwi Murti Puspitaningtyas, M.Sc di Bogor, Rabu (11/2).

Kebun raya yang pembangunannya diprioritaskan antara lain Kebun Raya Samosir di Sumatera Utara, Kebun Raya Batam di Kepulauan Riau, Kebun Raya Sriwijaya di Sumatera Selatan, Kebun Raya Liwa di Lampung, Kebun Raya Kuningan di Jawa Barat, dan Kebun Raya Pucak, Maros di Sulawesi Selatan.

Selain itu ada Kebun Raya Batu Raden di Jawa Tengah, Kebun Raya Lombok di Nusa Tenggara Barat, Kebun Raya Sambas di Kalimantan Barat, Kebun Raya Banua di Kalimantan Selatan, Kebun Raya Katingan di Kalimantan Tengah, Kebun Raya Kendari di Sulawesi Tenggara, dan Kebun Raya Jompoe Parepare di Sulawesi Selatan.

“Selain itu ada penambahan Kebun Raya Massenrempulus Enrekang di Sulawesi Selatan,” katanya.

Dwi mengatakan, LIPI akan menempatkan 28 pegawai tidak tetap Kebun Raya Bogor yang sudah mendapat pendidikan dan latihan, tentang perkebunrayaan untuk mendukung pembangunan kebun raya- kebun raya tersebut.

 ”Mendukung percepatan pembangunan kebun raya daerah, serta memperkuat posisi PKT Kebun Raya LIPI, sebagai pemangku peran koordinatif dalam membangun kebun raya di daerah,” katanya.

Ia menjelaskan pula, bahwa sampai sekarang Indonesia baru memiliki 25 kebun raya, lima di antaranya pengelolaannya di bawah koordinasi LIPI yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali, Cibinong Science Center-Botani Garden (CSC-BG).

Sementara 23 kebun raya lainnya, dikelola oleh pemerintah daerah dengan asistensi dan pembinaan dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home