Loading...
HAM
Penulis: Bob H. Simbolon 12:18 WIB | Senin, 04 April 2016

Luhut: Papua Sudah Final Bagian dari Indonesia

Menkopolhukam, Luhut B. Pandjaitan, berfoto bersama sejumlah menteri Fiji (Foto: akun Facebook Luhut B. Pandjaitan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menkopolhukam, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Papua sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah final dan tidak dapat dirundingkan lagi.

Indonesia adalah negara yang berdaulat sehingga tidak boleh ada satupun negara di dunia ini yang mendikte tentang hal itu.

"Saya secara langsung menyampaikan kepada pemerintah Republik Fiji dan Papua New Guinea bahwa Papua dan Papua Barat adalah bagian terintegrasi dari NKRI. Fakta itu bersifat final dan tidak dapat dirundingkan lagi," kata Luhut Pandjaitan, dalam sebuah note di akun Facebook-nya, menceritakan kunjungan ke beberapa negara di Pasifik Selatan setelah berkunjung ke Papua.

Menurut dia, pesan tersebut ia sampaikan dalam kunjungan resmi diplomasi pada hari Kamis (31/3) dan Jumat (1/4) , berdasarkan koordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Hasil dari kegiatan diplomasi tersebut, kata dia, sudah ia laporkan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada hari Sabtu (2/4) siang, termasuk hasil kunjungan kerja dirinya ke Papua.

"Saya juga melaporkan hasil pembicaraan mengenai isu Melanesian Spearhead Group (MSG) dengan pemerintah kedua negara tersebut," kata Luhut.

Editor : Eben E. Siadari


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home