Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:18 WIB | Kamis, 20 Juli 2023

Mahasiswa UK Maranatha Borong Piala Bunkasai ke-48 Unpad

Foto: HO- Universitas Kristen Maranatha

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Raymond Mikha Andrian (2242032), mahasiswa Program Sarjana Sastra Jepang, Universitas Kristen (UK) Maranatha berhasil menoreh prestasi pada perlombaan “Pekan Bahasa dan Budaya Jepang Bunkasai ke-48” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Padjadjaran (HIMADE Unpad).

Raymond berhasil menduduki peringkat satu pada kategori lomba Kana tingkat regional/wilayah.

Kana contest adalah lomba membaca dan menjawab pertanyaan yang ditulis menggunakan huruf Kana (Hiragana dan Katakana). Lomba ini menuntut kecepatan, ketepatan, dan kecermatan peserta untuk menjawab soal-soal.

“Lomba yang saya ikuti berbentuk seperti ujian, serta yang menjadi sistem penilaian adalah apakah jawaban saya benar dan kerapian dari tulisan,” ujar Raymond dalam keterangan resmi UK Maranatha dikutip Kamis (20/7).

Raymond mengaku, materi yang muncul saat perlombaan sedikit berbeda dengan apa yang telah ia pelajari sebelumnya. Namun, berkat persiapan yang matang serta dampingan dosen pembimbing, yakni Prof. Eishi Hirose, ia berhasil melaluinya dengan baik.

Saat mengikuti lomba pun, ia didampingi oleh Kepala Program Sarjana Sastra Jepang UK Maranatha, Dr. Marisa Rianti Sutanto, S.S., M.Hum..

“Saya terkejut saat berhasil memenangkan lomba ini. Padahal ketika pelaksanaannya saya merasa kurang percaya diri,” tutur Raymond.

Ia mengaku antusias jika ada kompetisi lain di kemudian hari. “Yang pasti saya akan menunggu kesempatan untuk mengikuti kompetisi lainnya,” sambungnya.

Selain Raymond, dua mahasiswa Sastra Jepang UK Maranatha lainnya, yaitu Sherly Ferliany Kurniawati (1942001) berhasil meraih Juara II pada kategori Kanji Grup B.

Dalam kategori lomba ini, peserta dibagi menjadi dua grup. Grup A terdiri dari mahasiswa tingkat satu dan dua, sedangkan Grup B terdiri dari mahasiswa tingkat tiga dan empat. Sistem lomba Kanji ini berbentuk seperti ujian tertulis, dan mengharuskan peserta untuk menjawab berbagai tipe soal.

Selain Sherly, mahasiswa lainnya yang mengikuti lomba adalah Naufal Gusti Putra (2142023) yang meraih Juara III pada kategori Choukai Grup A. Kategori Choukai hampir serupa dengan Japanese-Language Proficiency Test (JPLT), hanya sedikit berbeda karena ada tambahan soal tertulis. Peserta harus menjawab soal dengan tepat sesuai dengan audio yang diputar. 

Sebelumnya Bunkasai se-Jawa Barat diadakan pada 23-25 Juni 2023 bertempat di Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Fakultas Ilmu Budaya Unpad.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home