Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:44 WIB | Senin, 26 Juni 2023

UK Maranatha Raih Juara I Lomba Poster Ilmiah Tingkat Nasional

Foto: dok. Program Sarjana Teknik Sipil UK Maranatha

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Tim mahasiswa Program Sarjana Teknik Sipil Universitas Kristen Maranatha berhasil meraih Juara I Lomba Poster Ilmiah Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali.

Tim Tirtha yang terdiri dari Gerard Christian Joelin (2121012), Yonathan Adi Saputra (2121016), dan Sutantra Hartono (2221010) mengalahkan pesaingnya yang berasal dari IDB Bali.

“Dengan bisa menjadi juara dalam lomba ini, kami berharap dapat memotivasi diri kami dan mahasiswa lainnya agar dapat membawa harum nama kampus, khususnya Teknik Sipil UK Maranatha. Dalam poster kami yang bertema “Inovasi Pengelolaan Air Hujan” juga diharapkan dapat mengurangi dampak banjir yang seringkali dialami,” kata Gerard dalam keterangan resmi UK Maranatha dikutip Senin (26/6).

Gerard menjelaskan bahwa isu yang diambil dalam pembuatan poster tersebut diangkat dari pengalaman mereka ketika mengalami permasalahan banjir yang terjadi, baik pada saat perkuliahan maupun saat berada di daerah yang rawan banjir.

Ia juga menjelaskan bahwa banyak tantangan yang dihadapi selama melakukan proses perlombaan, mulai dari asistensi secara offline bersama dosen pembimbing, Robby Yussac Tallar, S.T., M.T., Dipl.IWRM., Ph.D. yang harus menyesuaikan waktu dengan jam perkuliahan.

Kemudian, tantangan dalam mempersiapkan presentasi selama dua hari. Namun, tantangan tersebut dihadapi dengan semangat dan dukungan dari dosen pembimbing sehingga mereka bisa melaluinya.

Sebelumnya Tim Tirtha mengikuti lomba yang berlangsung pada 16 April hingga 17 Mei 2023 dengan mengusung tajuk “Seni dan Teknologi sebagai Penggerak Industri Kreatif”.

Secara keseluruhan perlombaan dilaksanakan secara virtual dimulai dari pendaftaran yang dilaksanakan pada 16 April 2023 hingga pengiriman poster pada tanggal 8 Mei 2023. Kemudian, perlombaan dilanjutkan dengan tahap seleksi dan penentuan finalis lima besar hingga tahap presentasi yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2023.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home