Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 15:19 WIB | Minggu, 31 Desember 2023

Afsel Ajukan Israel ke Mahkamah Internasional PBB atas Tuduhan Genosida

Afrika Selatan telah mengajukan kasus di pengadilan tinggi PBB: Mahkamah Internasional, yang bertempat di Istana Perdamaian di Den Haag, Belanda, yang menuduh Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza. (Foto: AP/Peter Dejong)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Afrika Selatan pada hari Jumat (29/12) mengajukan kasus di Mahkamah Internasional PBB yang menuduh Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza dan meminta pengadilan untuk memerintahkan Israel menghentikan serangannya. Ini tantangan pertama yang diajukan di pengadilan atas perang saat ini. Israel dengan cepat menolak pengajuan tersebut “dengan rasa jijik.”

Pengajuan Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional menuduh bahwa “tindakan dan kelalaian Israel… bersifat genosida” karena dilakukan dengan tujuan “untuk menghancurkan warga Palestina di Gaza” sebagai bagian dari kebangsaan, ras, dan kebangsaan Palestina yang lebih luas.

Afrika Selatan telah menjadi pengkritik keras kampanye militer Israel di Gaza. Banyak orang di sana, termasuk Presiden Cyril Ramaphosa, membandingkan kebijakan Israel terhadap warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat dengan rezim segregasi rasial apartheid di Afrika Selatan di masa lalu. Israel menolak tuduhan tersebut.

Afrika Selatan meminta pengadilan yang bermarkas di Den Haag, Belanda, untuk mengeluarkan perintah sementara agar Israel segera menghentikan operasi militernya di Gaza. Sidang atas permintaan itu kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa hari atau pekan mendatang. Kasus ini, jika dilanjutkan, akan memakan waktu bertahun-tahun, namun perintah sementara dapat dikeluarkan dalam beberapa pekan.

Pemerintah Israel menolak tuduhan genosida dengan “muak” dan menyebutnya sebagai “pencemaran nama baik.” Pernyataan Kementerian Luar Negeri mengatakan kasus Afrika Selatan tidak memiliki dasar hukum dan merupakan “eksploitasi yang tercela dan menghina” terhadap pengadilan.

Israel juga menuduh Afrika Selatan bekerja sama dengan Hamas, kelompok militan Palestina di balik serangan mematikan pada 7 Oktober di Israel selatan yang memicu perang yang sedang berlangsung.

Pernyataan itu juga mengatakan Israel beroperasi berdasarkan hukum internasional dan memfokuskan tindakan militernya hanya terhadap Hamas, dan menambahkan bahwa penduduk Gaza bukanlah musuh. Mereka menegaskan bahwa mereka mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan kerugian terhadap warga sipil dan memungkinkan bantuan kemanusiaan memasuki wilayah tersebut.

Afrika Selatan dapat membawa kasus ini ke dalam Konvensi Genosida karena negara tersebut dan Israel merupakan pihak yang menandatanganinya.

Apakah kasus ini akan berhasil menghentikan perang masih harus dilihat. Meskipun perintah pengadilan mengikat secara hukum, namun perintah tersebut tidak selalu dipatuhi. Pada bulan Maret 2022, pengadilan memerintahkan Rusia untuk menghentikan permusuhan di Ukraina, sebuah keputusan hukum mengikat yang dilanggar oleh Moskow ketika mereka terus melanjutkan serangannya.

Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa negara tersebut “sangat prihatin dengan penderitaan warga sipil yang terperangkap dalam serangan Israel di Jalur Gaza saat ini karena penggunaan kekuatan yang tidak pandang bulu dan pemindahan paksa penduduk.”

Kementerian tersebut menambahkan bahwa “ada laporan yang sedang berlangsung mengenai kejahatan internasional, seperti kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang, yang dilakukan serta laporan bahwa tindakan tersebut memenuhi ambang batas genosida atau kejahatan terkait sebagaimana didefinisikan dalam Konvensi Pencegahan dan Penghukuman 1948. Genosida, telah dan mungkin masih dilakukan dalam konteks pembantaian yang sedang berlangsung di Gaza.”

Presiden Afrika Selatan sebelumnya menuduh Israel melakukan kejahatan perang dan tindakan “sama saja dengan genosida.” Dan Afrika Selatan bulan lalu mendorong Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), yang juga berbasis di Den Haag, untuk menyelidiki tindakan Israel di Gaza.

ICC mengadili individu atas kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida, sementara Mahkamah Internasional menyelesaikan perselisihan antar negara.

Di Tepi Barat yang diduduki Israel, Kementerian Luar Negeri Palestina menyambut baik tuduhan Afrika Selatan terhadap Israel. Dalam sebuah pernyataan di media sosial, mereka mendesak pengadilan untuk “segera mengambil tindakan untuk melindungi rakyat Palestina dan menyerukan Israel, kekuatan pendudukan, untuk menghentikan serangan gencarnya terhadap rakyat Palestina.”

Balkees Jarrah, direktur keadilan internasional di Human Rights Watch, mengatakan kasus Afrika Selatan “memberikan peluang penting bagi Mahkamah Internasional untuk meneliti tindakan Israel di Gaza menggunakan Konvensi Genosida 1948.” Dia mengatakan Afrika Selatan mengharapkan badan peradilan tertinggi PBB “untuk memberikan jawaban yang jelas dan pasti mengenai pertanyaan apakah Israel melakukan genosida terhadap rakyat Palestina.”

Jarrah menekankan bahwa kasus ICJ “bukanlah kasus pidana terhadap individu yang diduga sebagai pelaku, dan tidak melibatkan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), sebuah badan terpisah. Namun kasus ICJ juga harus mendorong dukungan internasional yang lebih besar terhadap keadilan yang tidak memihak di ICC dan tempat-tempat kredibel lainnya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home