Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:52 WIB | Rabu, 15 Mei 2024

Makin Banyak Kendaraan Dilengkapi Fitur Cerdas, Masa Depan Lampu Lalu-lintas Berakhir?

Foto tak bertanggal yang disediakan oleh Fakultas Teknik Universitas Michigan ini menunjukkan kendaraan saat mereka melewati persimpangan bertanda Old Woodward Avenue dan East Maple, yang diatur waktunya menggunakan Optimized Signal as a Service (OSaaS), di Birmingham, Michigan. Kendaraan yang lebih cerdas bisa berarti beberapa perubahan paling dramatis pada sinyal lalu lintas tradisional sejak lampu lalulintas ditambahkan lebih dari satu abad yang lalu. (Foto: dok. Jeremy Little/Sekolah Tinggi Teknik Universitas Michigan via AP)

MICHIGAN, SATUHARAPAN.COM-Ketika mobil dan truk menjadi lebih pintar dan saling terhubung, lampu-lampu sederhana yang telah mengendalikan arus lalu lintas selama lebih dari satu abad juga mungkin berada di titik puncak transformasi besar.

Para peneliti sedang menjajaki cara menggunakan fitur-fitur di mobil modern, seperti GPS, untuk membuat lalu lintas lebih aman dan efisien. Pada akhirnya, peningkatan tersebut dapat menghilangkan sepenuhnya lampu merah, kuning, dan hijau (lampu lalu lintas) yang ada saat ini, dan menyerahkan kendali kepada mobil tanpa pengemudi.

Henry Liu, seorang profesor teknik sipil yang memimpin penelitian di Universitas Michigan, mengatakan peluncuran sistem sinyal lalu lintas baru bisa jadi jauh lebih dekat daripada yang diperkirakan orang.

“Laju kemajuan kecerdasan buatan sangat cepat, dan saya pikir kemajuan itu akan terjadi,” katanya.

Lampu lalu lintas tidak banyak berubah di AS selama bertahun-tahun. Cleveland meluncurkan apa yang dianggap sebagai “sistem kendali lalu lintas kota” pertama pada tahun 1914, tulis sejarawan Megan Kate Nelson untuk Majalah Smithsonian. Didukung oleh listrik dari jalur troli kota, penemuan insinyur James Hodge menampilkan dua lampu: merah dan hijau, warna yang sudah lama digunakan oleh kereta api. Seorang petugas polisi yang duduk di bilik di trotoar harus menekan tombol untuk mengubah sinyal.

Beberapa tahun kemudian, petugas polisi Detroit William Potts dipuji karena menambahkan lampu kuning, meskipun sebagai pegawai kota dia tidak bisa mematenkannya. Pada tahun 1930, tulis Nelson, semua kota besar di Amerika dan banyak kota kecil memiliki setidaknya satu sinyal lalu lintas listrik.

Namun, munculnya kendaraan yang terhubung dan otomatis telah menghadirkan peluang baru bagi sinyal lalu lintas.

Di antara mereka yang memikirkan kembali arus lalu lintas adalah tim di North Carolina State University yang dipimpin oleh Ali Hajbabaie, seorang profesor teknik. Daripada menghilangkan rambu lalu lintas saat ini, Hajbabaie menyarankan untuk menambahkan lampu keempat, mungkin lampu putih, untuk menunjukkan apakah ada cukup kendaraan otonom di jalan untuk mengambil alih dan memimpin jalan.

“Saat kami sampai di persimpangan, kami berhenti jika warnanya merah dan kami jalan jika warnanya hijau,” kata Hajbabaie, yang timnya menggunakan mobil model yang cukup kecil. “Tetapi jika lampu putih aktif, ikuti saja kendaraan di depan Anda.”

Meskipun penelitian Hajbabaie mengacu pada “fase putih” dan bahkan mungkin cahaya putih, warna spesifiknya tidak penting, katanya. Lampu yang ada saat ini bahkan bisa mencukupi, katakanlah, dengan memodifikasinya menjadi merah dan hijau secara bersamaan untuk menandakan bahwa mobil tanpa pengemudi sedang memegang kendali. Kuncinya adalah memastikan bahwa hal ini diadopsi secara universal seperti sinyal-sinyal yang ada saat ini.

Penggunaan pendekatan seperti itu akan memakan waktu bertahun-tahun lagi, karena 40% hingga 50% kendaraan di jalan raya harus dapat mengemudi sendiri agar dapat bekerja, Hajbabaie mengakui.

Juru bicara Waymo Sandy Karp menunjukkan bahwa mobil self-driving dari anak perusahaan induk Google meluncurkan layanan berbagi perjalanan yang sepenuhnya otonom di Los Angeles dan Austin, Texas, bahkan tanpa penambahan lampu lalu lintas keempat.

“Meskipun tahap awal pengembangan AV (aoutonomous vehicles) merupakan hal yang baik jika masyarakat berpikir kreatif tentang bagaimana memfasilitasi penerapan AV yang aman, pembuat kebijakan dan pemilik infrastruktur harus berhati-hati agar tidak terlalu cepat mengambil investasi khusus AV yang mungkin akan berdampak buruk, prematur atau bahkan tidak perlu,” kata Karp melalui email kepada The Associated Press.

Peneliti Universitas Michigan mengambil pendekatan berbeda. Mereka melakukan program percontohan di pinggiran Detroit, Birmingham, menggunakan wawasan dari data kecepatan dan lokasi yang ditemukan di kendaraan General Motors untuk mengubah waktu nyala lampu lalu lintas kota tersebut. Para peneliti baru-baru ini mendapatkan hibah dari Departemen Transportasi Amerika Serikat berdasarkan undang-undang infrastruktur bipartisan untuk menguji bagaimana melakukan perubahan secara real-time.

Karena penelitian di Michigan berkaitan dengan kendaraan yang memiliki pengemudi, bukan kendaraan yang sepenuhnya otonom, penelitian ini mungkin lebih mendekati penerapan yang lebih luas daripada apa yang diinginkan Hajbabaie.

Liu, yang memimpin penelitian di Michigan, mengatakan bahkan dengan hanya 6% kendaraan di jalan-jalan Birmingham yang terhubung ke sistem GM, mereka menyediakan data yang cukup untuk menyesuaikan waktu lampu lalu lintas guna memperlancar arus.

34 sinyal lalu lintas di Birmingham dipilih, seperti lebih dari separuh sinyal di seluruh negeri, karena sinyal tersebut diatur pada jadwal waktu tetap tanpa kamera atau sensor untuk memantau kemacetan. Liu mengatakan meskipun ada solusi berteknologi tinggi untuk memantau lalu lintas, hal ini mengharuskan kota untuk melakukan perbaikan yang rumit dan mahal.

“Keindahannya adalah Anda tidak perlu melakukan apa pun terhadap infrastruktur,” kata Liu. “Datanya bukan berasal dari infrastruktur. Itu berasal dari perusahaan mobil.”

Danielle Deneau, direktur keselamatan lalu lintas di Komisi Jalan di Oakland County, Michigan, mengatakan data awal di Birmingham hanya menyesuaikan waktu lampu hijau beberapa detik, namun masih cukup untuk mengurangi kemacetan. Perubahan yang lebih besar pun bisa terjadi berada di bawah penelitian baru yang didanai hibah, yang akan mengotomatiskan lampu lalu lintas di lokasi yang belum diumumkan di wilayah tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home