Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:53 WIB | Kamis, 03 Juni 2021

Malaysia Protes Pesawat China Masuk Wilayah Udaranya

Foto dari Royal Malaysian Air Force yang diambil pada hari Senin, 31 Mei 2021 dan dirilis pada hari Selasa (1/6) menunjukkan pesawat Xian Y-20 milik China People's Liberation Army Air Force (PLAAF) yang menurut otoritas Malaysia berada di wilayah udara di atas zona maritim Malaysia dekat pantai negara bagian Sarawak di pulau Kalimantan. (Foto: via AP)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Malaysia akan mengeluarkan protes diplomatik atas intrusi 16 pesawat militer China ke wilayah udaranya, kata menteri luar negeri.

Menteri Luar Negeri Hishammuddin Hussein mengatakan hari Selasa (1/6) malam bahwa dia akan memanggil duta besar China untuk menjelaskan “pelanggaran wilayah udara dan kedaulatan Malaysia ini.” Kedutaan Besar China membantah pesawat tersebut melanggar wilayah udara Malaysia.

Angkatan Udara Malaysia mengatakan radarnya menangkap pesawat China pada hari Senin di dekat Luconia Shoals yang dikelola Malaysia, daerah penangkapan ikan yang kaya di Laut China Selatan yang disengketakan. Pesawat-pesawat China kemudian bergerak hampir 60 mil laut (110 kilometer) di lepas pantai Sarawak di pulau Kalimantan.

Setelah upaya untuk menghubungi pesawat gagal, angkatan udara mengirim pesawat tempurnya untuk mengidentifikasi mereka. Dikatakan mereka adalah pengangkut strategis Ilyushin Il-76 dan Xian Y-20, terbang di antara 23.000 dan 27.000 kaki (7.000 dan 8.000 meter), ketinggian yang biasanya digunakan oleh penerbangan komersial.

Malaysia menyebut insiden itu sebagai "ancaman serius bagi kedaulatan nasional dan keselamatan penerbangan."

“Sikap Malaysia jelas, memiliki hubungan diplomatik yang bersahabat dengan negara mana pun tidak berarti bahwa kami akan membahayakan keamanan nasional kami,” kata Hishammuddin dalam sebuah pernyataan. Dia mengatakan akan menyampaikan keprihatinan serius Malaysia tentang masalah ini kepada mitranya dari China.

Kedutaan Besar China membela aktivitas tersebut, dengan mengatakan pesawat militernya tidak melanggar wilayah udara Malaysia dan telah melakukan kebebasan terbang di daerah tersebut. Dikatakan mereka melakukan pelatihan penerbangan rutin dan tidak menargetkan negara mana pun.

Selama pelatihan, pesawat militer China secara ketat mematuhi hukum internasional yang relevan dan tidak memasuki wilayah udara teritorial negara lain, kata kedutaan dalam sebuah pernyataan.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri, Wang Wenbin, mengulangi pernyataan itu dan mengatakan pesawat-pesawat itu terbang di atas perairan selatan Kepulauan Spratly, yang China sebut Nansha dan klaim sebagai wilayahnya.

China telah berkomunikasi dengan pihak Malaysia tentang masalah ini, kata Wang pada briefing harian.

China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan dengan alasan bersejarah. Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam juga memiliki klaim yang tumpang tindih, dan ketegangan meningkat sejak China membangun beberapa pulau buatan dan mengubahnya menjadi pos-pos militer.

Daerah penting yang strategis ini berada di beberapa jalur laut tersibuk di dunia dan juga kaya akan perikanan dan mungkin menyimpan cadangan minyak dan gas alam bawah tanah.

Malaysia mengatakan penjaga pantai dan kapal angkatan laut China menyusup ke perairannya di Laut China Selatan 89 kali antara 2016 dan 2019. Malaysia telah mengajukan enam protes diplomatik ke China, termasuk satu pada tahun 2017 sebagai tanggapan atas catatan China yang menegaskan klaimnya atas Luconia Selatan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home