Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:16 WIB | Minggu, 29 Agustus 2021

Malaysia Selidiki Dua Warganya Ditangkap Taliban

Anggota Taliban dalam kendaraan berpatroli di jalan di Kabul pada hari Jumat (27/8/2021). (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM-Malaysia sedang mencari bantuan dari badan keamanan asing untuk mengkonfirmasi laporan media bahwa dua warga negaranya telah ditangkap oleh Taliban di Afghanistan karena dugaan keterlibatan mereka dalam ISIS, kata pejabat tinggi polisi negara itu, hari Sabtu (28/8).

Inspektur Jenderal Polisi, Acryl Sani Abdullah Sani, mengatakan pihak berwenang tidak memiliki informasi mengenai keterlibatan warga Malaysia dalam kelompok ISIS di Afghanistan.

"Kepolisian Kerajaan Malaysia telah meminta badan keamanan di luar negeri untuk mengkonfirmasi laporan serta tuduhan itu," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Investigasi juga sedang dilakukan apakah laporan itu melibatkan pejuang ISIS Malaysia yang sudah berada di luar negeri."

Surat kabar Inggris The Times pada hari Sabtu melaporkan penangkapan enam operator ISIS, termasuk dua orang Malaysia, mengutip seorang pejabat Taliban.

Dalam dekade terakhir, lusinan warga Malaysia telah meninggalkan negara mereka untuk berperang bersama ISIS di Suriah dan negara-negara lain. Meskipun beberapa dari mereka telah diizinkan untuk kembali di bawah syarat yang ditetapkan oleh pihak berwenang. Tidak jelas berapa banyak yang tersisa di luar negeri. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home