Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:59 WIB | Minggu, 29 Agustus 2021

Apa Pengaruh Internasional Kemenangan Taliban di Afghanistan ?

Apa Pengaruh Internasional Kemenangan Taliban di Afghanistan ?
Anggota Hay'at Tahrir Al-Sham, sebuah kelompok militan Islam Sunni, mengibarkan bendera Taliban saat mereka merayakan pengambilalihan Taliban atas Afghanistan, di kota Idlib,Suriah, hari Jumat, 20 Agustus 2021. Pengambilalihan Afghanistan oleh Taliban memberikan kelompok Islam radikal dari Suriah dan Jalur Gaza ke Pakistan dan Afrika Barat alasan untuk merayakannya. Mereka melihat keluarnya Amerika yang diwarnai kekerasan dari Afghanistan sebagai kesempatan untuk berkumpul kembali dan menegaskan kembali ideologi mereka. (Foto: AP/Ghaith Alsayed)
Apa Pengaruh Internasional Kemenangan Taliban di Afghanistan ?

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Beberapa hari setelah Taliban mengambil alih Afghanistan, konvoi gerilyawan melewati kota Idlib di barat laut Suriah dengan mobil yang membawa bendera putih-hitam kelompok itu, membunyikan klakson dan menembakkan senjata mereka ke udara.

Perayaan oleh afiliasi Al-Qaeda di sudut terpencil Suriah yang dilanda perang adalah ekspresi kemenangan yang juga dirasakan oleh kelompok-kelompok Islam radikal dari Jalur Gaza sampai ke Pakistan dan Afrika Barat yang melihat jalan keluarnya Amerika Serikat yang diwarnai kekerasan dari Afghanistan sebagai kesempatan untuk menegaskan kembali kehadiran mereka.

Bagi kelompok-kelompok seperti itu, kepergian AS yang kacau setelah runtuhnya pasukan keamanan Afghanistan yang telah dilatihnya selama dua dekade adalah hadiah. Ini menggarisbawahi pesan mereka bahwa Washington akhirnya meninggalkan sekutunya, dan bahwa mengalahkan tentara yang kuat adalah mungkin dengan kesabaran yang cukup.

“Keberhasilan Taliban membuka jalan bagi kelompok radikal untuk meningkatkan operasi perekrutan mereka secara global. Jauh lebih mudah bagi mereka sekarang, dan ada lebih banyak penerimaan,” kata Hassan Abu Haniyeh, seorang ahli militan Islam yang berbasis di Amman, Yordania.

Meskipun miliaran dolar dihabiskan oleh AS dan NATO selama hampir 20 tahun untuk membangun pasukan keamanan Afghanistan, Taliban merebut hampir seluruh Afghanistan hanya dalam waktu sepekan di tengah penarikan pasukan AS. Kelompok fundamentalis menyapu Kabul pada 15 Agustus setelah pemerintah runtuh dan Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dari negara itu.

Alasan Merayakan

Sejak itu, puluhan ribu orang yang putus asa untuk melarikan diri dari negara yang diperintah oleh Taliban telah mencoba melarikan diri atau telah dievakuasi dengan transportasi udara Barat yang sangat besar.

“Peristiwa yang terjadi di Afghanistan telah memberikan alasan bagi kelompok jihad dan musuh AS untuk merayakannya, dan sekutu Amerika di kawasan itu alasan untuk merasa cemas,” kata Abu Haniyeh. “Mereka sekarang merasa bahwa Amerika mungkin akan menjatuhkan mereka suatu hari nanti, sama seperti yang dilakukan pemerintah Ashraf Ghani.”

Ada kekhawatiran bahwa Afghanistan akan sekali lagi menjadi basis bagi militan untuk merencanakan melawan Barat, seperti serangan 11 September 2001 yang memicu invasi AS.

“Ini adalah kisah yang akan mempengaruhi pejuang jihad di seluruh dunia untuk dekade berikutnya, dengan cara yang sama seperti kemenangan atas Uni Soviet di Afghanistan pada tahun 80-an menginspirasi para jihadis di seluruh dunia selama tahun 1990-an dan bahkan setelahnya,” kata Elie Tenenbaum, direktur pusat studi keamanan di Institut Hubungan Internasional Prancis.

Bersaing dengan Kelompok ISIS

Sebaliknya, kemenangan Taliban juga meningkatkan kekayaan saingan mereka di Afghanistan, cabang lokal jaringan ISIS. Pada hari Kamis (26/8), afiliasi tersebut mengaku bertanggung jawab atas serangan bunuh diri yang menewaskan sejumlah orang di luar bandara Kabul, termasuk 13 anggota pasukan AS.

Taliban sekarang harus bersaing dengan ISIS yang berani, yang menantang kekuasaan mereka dengan militan yang jauh lebih radikal. Jajaran kelompok itu telah diperkuat setelah Taliban membebaskan tahanan selama serangan melalui Afghanistan.

Sebuah editorial dalam buletin kelompok Negara Islam (IS atau ISIS) pekan lalu mencemooh Taliban, menuduh mereka berkolaborasi dengan AS.

“Amerika benar-benar melakukannya. Mereka akhirnya mengangkat 'Mullah Bradley,' kata editorial itu, menggunakan nama yang diciptakan untuk Taliban dalam referensi untuk kendaraan tempur AS. Kelompok itu juga menjanjikan fase baru dalam “jihad yang diberkati” melawan Barat.

Analis mengatakan keberhasilan Taliban dan penarikan AS menggembleng dan memberikan dorongan motivasi bagi musuh-musuh Amerika dan kelompok jihad di seluruh dunia.

Sayyid Hassan Nasrallah, pemimpin kelompok militan Syiah Lebanon, Hizbullah, mengatakan dalam pidatonya pada hari Jumat (27/8) bahwa apa yang terjadi di Afghanistan “adalah penggambaran kekalahan penuh Amerika dan kehancuran serta kegagalan AS di kawasan itu.”

Ucapan Selamat dari Beberapa Kelompok

Di Suriah utara, sebuah pernyataan oleh Hayat Tahrir Al-Sham, afiliasi Al-Qaeda di sana, mengatakan kemenangan Taliban membuktikan tidak ada pendudukan yang bisa bertahan selamanya. Pemimpin gerakan Islam Palestina radikal Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, mengucapkan selamat kepada pemimpin Taliban atas “kematian pendudukan AS.”

Di Pakistan, pemimpin Jaish-e-Mohammad, Mohammad Azhur, menggunakan publikasi kelompok itu untuk menyemangati kemenangan Taliban, dengan mengatakan itu akan menginspirasi mujahidin, atau pejuang suci, “di seluruh dunia untuk melanjutkan perjuangan mereka untuk Islam.”

Pejuang kelompok itu memberikan pujian atas serangan 2019 di wilayah Kashmir yang disengketakan yang menewaskan 40 tentara India dan membawa negara bertetangga bersenjata nuklir ke ambang perang.

Amir Rana, direktur eksekutif Institut Studi Perdamaian Pakistan yang berbasis di Islamabad, mengatakan peristiwa di Afghanistan dapat menginspirasi kelompok Sunni garis keras yang mengobarkan pertempuran sektarian melawan Syiah.

Kelompok anti Syiah Lashkar-e-Janghvi dan Sipah-e-Sahaba Pakistan telah memperjuangkan kemenangan Taliban, meningkatkan kekhawatiran mereka dapat memulai kembali kegiatan mematikan mereka.

Heni Nsaibia, seorang peneliti senior Sahel di Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata, mengatakan pengambilalihan Taliban akan menjadi dorongan motivasi untuk para ekstremis di Afrika Barat, menunjukkan bahwa kesabaran dan ketekunan dapat membuahkan hasil.

Bahaya terbesar, menurut para analis, adalah di negara-negara yang tidak stabil dengan pemerintah pusat yang lemah dan sejarah pemberontakan, seperti Irak, Suriah, Yaman dan Libya.

Ada gema tahun 2014, ketika kelompok Negara Islam (ISIS) muncul dari kekacauan konflik di Irak dan Suriah, merebut bentangan besar wilayah yang mengangkangi kedua negara, dan mendeklarasikan "kekhalifahan" setelah pasukan Irak yang dilatih AS runtuh.

Serangan teroris di Eropa dan sekitarnya terjadi sebelum ISIS dikalahkan pada tahun 2017, tetapi upaya untuk berkumpul kembali telah terlihat dalam dua tahun terakhir, dengan serangan baru di Irak dan Suriah.

Sebuah laporan kepada Dewan Keamanan PBB pekan lalu mengatakan ancaman terhadap keamanan internasional dari kelompok Negara Islam (ISIS) meningkat, menunjuk pada ekspansi afiliasinya yang "mengkhawatirkan" di Afrika dan fokusnya pada kembalinya di Suriah dan Irak.

Laporan itu mengatakan ISIS dan kelompok teroris lainnya telah mengambil keuntungan dari “gangguan, keluhan, dan kemunduran pembangunan” yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Abu Haniyeh, analis di Amman, mengatakan anggapan kekalahan pasukan AS di Afghanistan oleh kelompok radikal bergema di antara individu-individu yang frustrasi di seluruh dunia dan akan memiliki konsekuensi luas di tahun-tahun mendatang.

“Ini memberi harapan bagi kelompok-kelompok ekstremis di seluruh dunia,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home