Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 12:46 WIB | Sabtu, 09 Maret 2024

Mantan Insinyur Google Didakwa Curi Rahasia AI Ketika Bekerja pada Perusahaan China

Sebuah tanda terlihat di luar kantor Google dekat kantor pusat perusahaan tersebut di Mountain View, California, AS, 8 Mei 2019. (Foto: dok. Reuters)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM-Seorang mantan insinyur perangkat lunak di Google didakwa mencuri rahasia dagang kecerdasan buatan (AI) dari perusahaan tersebut saat diam-diam bekerja dengan dua perusahaan yang berbasis di China, kata Departemen Kehakiman pada hari Rabu (6/3).

Linwei Ding, seorang warga negara China, ditangkap di Newark, California, atas empat tuduhan pencurian rahasia dagang federal, masing-masing dapat dihukum hingga 10 tahun penjara.

Kasus terhadap Ding, 38 tahun, diumumkan pada konferensi American Bar Association di San Francisco oleh Jaksa Agung, Merrick Garland, yang bersama dengan para pemimpin penegakan hukum lainnya telah berulang kali memperingatkan tentang ancaman spionase ekonomi China dan tentang masalah keamanan nasional yang ditimbulkan oleh kemajuan dalam kecerdasan buatan dan teknologi berkembang lainnya.

“Tuduhan hari ini adalah ilustrasi terbaru mengenai sejauh mana afiliasi perusahaan yang berbasis di Republik Rakyat China bersedia mencuri inovasi Amerika,” kata Direktur FBI, Christopher Wray, dalam sebuah pernyataan.

“Pencurian teknologi inovatif dan rahasia dagang dari perusahaan-perusahaan Amerika dapat merugikan lapangan kerja dan mempunyai konsekuensi ekonomi dan keamanan nasional yang menghancurkan.”

Google mengatakan telah menetapkan bahwa karyawan tersebut telah mencuri “banyak dokumen” dan menyerahkan masalah tersebut ke penegak hukum.

“Kami memiliki perlindungan yang ketat untuk mencegah pencurian informasi komersial rahasia dan rahasia dagang kami,” kata juru bicara Google, Jose Castaneda, dalam sebuah pernyataan.

“Setelah penyelidikan, kami menemukan bahwa karyawan ini mencuri banyak dokumen, dan kami segera menyerahkan kasus ini ke penegak hukum. Kami berterima kasih kepada FBI karena membantu melindungi informasi kami dan akan terus bekerja sama secara erat dengan mereka.”

Seorang pengacara yang terdaftar sebagai pengacara Ding tidak memberikan komentar pada Rabu malam.

Kecerdasan buatan adalah medan pertempuran utama bagi para pesaing di bidang teknologi tinggi, dan pertanyaan tentang siapa yang mendominasi dapat mempunyai implikasi komersial dan keamanan yang besar.

Para pemimpin Departemen Kehakiman dalam beberapa pekan terakhir telah menyuarakan kekhawatiran mengenai bagaimana musuh asing dapat memanfaatkan teknologi AI untuk memberikan dampak negatif terhadap Amerika Serikat.

Wakil Jaksa Agung, Lisa Monaco, mengatakan dalam pidatonya bulan lalu bahwa Disruptive Technology Strike Force, multi-lembaga pemerintah akan menempatkan AI di urutan teratas daftar prioritas penegakan hukum, dan Wray mengatakan pada konferensi pekan lalu bahwa AI dan teknologi baru lainnya telah mempermudah bagi musuh untuk mencoba mengganggu proses politik Amerika.

Garland menyuarakan keprihatinannya pada acara di San Francisco, dengan mengatakan pada hari Rabu bahwa, “Seperti halnya semua teknologi yang berkembang, (AI) memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihan dan kekurangan, potensi yang besar, dan risiko bahaya yang besar.”

Dakwaan yang diumumkan pada hari Rabu di Distrik Utara California menuduh bahwa Ding, yang dipekerjakan oleh Google pada tahun 2019 dan memiliki akses ke informasi rahasia tentang pusat data superkomputer perusahaan, mulai mengunggah ratusan file ke akun Google Cloud pribadinya dua tahun lalu.

Dalam beberapa pekan setelah pencurian dimulai, kata jaksa, Ding ditawari posisi chief technology officer di sebuah perusahaan teknologi tahap awal di China yang menggembar-gemborkan penggunaan teknologi AI dan menawarinya gaji bulanan sekitar US$14.800, ditambah bonus tahunan dan saham perusahaan.

Surat dakwaan mengatakan Ding melakukan perjalanan ke China dan berpartisipasi dalam pertemuan investor di perusahaan tersebut dan berupaya meningkatkan modal untuk perusahaan tersebut.

Dia juga secara terpisah mendirikan dan menjabat sebagai kepala eksekutif sebuah perusahaan startup yang berbasis di China yang bercita-cita untuk melatih “model AI besar yang didukung oleh chip superkomputer,” kata dakwaan tersebut.

Jaksa mengatakan Ding tidak mengungkapkan afiliasi apa pun dengan Google, yang pada hari Rabu menggambarkannya sebagai karyawan junior. Ia mengundurkan diri dari Google pada 26 Desember lalu.

Tiga hari kemudian, pejabat Google mengetahui bahwa dia telah hadir sebagai CEO salah satu perusahaan China pada konferensi investor di Beijing.

Para pejabat juga meninjau rekaman pengawasan yang menunjukkan bahwa karyawan lain telah memindai lencana akses Ding di gedung Google di AS tempat dia bekerja agar terlihat seperti Ding ada di sana pada saat dia sebenarnya berada di China, kata dakwaan.

Google menangguhkan akses jaringan Ding dan mengunci laptopnya, serta menemukan unggahan tidak sahnya saat menelusuri riwayat aktivitas jaringannya.

FBI pada bulan Januari mengeluarkan surat perintah penggeledahan di rumah Ding dan menyita perangkat elektroniknya, dan kemudian mengeluarkan surat perintah tambahan untuk isi akun pribadinya yang berisi lebih dari 500 file unik berisi informasi rahasia yang menurut pihak berwenang dia curi dari Google. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home