Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:53 WIB | Rabu, 02 Agustus 2023

Mantan Pekerja Penitipan Anak di Australia Didakwa Melecehkan 91 Anak

Lambang polisi Australia. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

BRISBANE, SATUHARAPAN.COM-Seorang mantan pekerja penitipan anak Australia telah didakwa melecehkan 91 anak dalam apa yang digambarkan polisi pada hari Selasa (1/8) sebagai salah satu kasus pelecehan seks anak "paling mengerikan" di negara itu.

Dia telah didakwa dengan 1.623 kejahatan terpisah, termasuk 136 tuduhan pemerkosaan dan 110 tuduhan hubungan seksual dengan anak di bawah umur 10 tahun, tambah petugas.

Penyelidik menangkap pria berusia 45 tahun itu setelah menemukan gambar pornografi anak yang diposting di web gelap, menggunakan petunjuk visual di latar belakang untuk akhirnya melacak mereka ke pusat pengasuhan anak di Brisbane.

Tetapi baru ketika mereka mulai memilah-milah ponsel dan komputernya, mereka menyadari keseriusan dugaan pelanggarannya yang “keji”, yang digambarkan pada lebih dari 4.000 gambar dan video yang disita.

Polisi mengatakan kejahatan terjadi di 10 pusat pengasuhan anak yang berbeda antara tahun 2007 dan 2022 dan secara eksklusif menargetkan "gadis pra puber". Beberapa korbannya diduga masih muda, kata polisi.

Sementara 87 dari 91 korban berasal dari Australia, polisi yakin empat anak tak dikenal lainnya dilecehkan saat pria itu bekerja di luar negeri untuk waktu yang singkat antara 2013 dan 2014.

Polisi mengatakan mereka bekerja sama dengan badan kejahatan internasional untuk menemukan anak-anak itu, tanpa mengungkapkan negara mana yang mereka targetkan.

"Tidak banyak penghiburan yang bisa saya berikan kepada orang tua dan anak-anak yang telah diidentifikasi," kata asisten komisaris polisi federal, Justine Gough. “Ini adalah saat yang menyedihkan bagi keluarga, pengasuh, dan masyarakat secara luas.”

Asisten komisaris polisi New South Wales, Michael Fitzgerald, mengatakan itu adalah salah satu kasus paling mengerikan yang pernah dia lihat. "Ini di luar imajinasi siapa pun yang dilakukan orang ini terhadap anak-anak ini," katanya.

"Saya hanya bisa mengatakan, Anda mencoba untuk tidak kaget setelah lama berada di kepolisian, tetapi ini adalah kasus yang mengerikan."

Sekitar 35 detektif dan penyelidik di seluruh negara bagian Queensland dan New South Wales dipanggil untuk bekerja di gugus tugas yang didedikasikan untuk menyaring banyaknya materi pelecehan anak yang ditemukan polisi.

Polisi mengatakan pria itu telah melewati serangkaian pemeriksaan latar belakang yang ketat yang diperlukan untuk bekerja di pusat pengasuhan anak di Australia. Dia dijadwalkan menghadapi pengadilan di Queensland pada 21 Agustus.

Setelah proses tersebut selesai, dia akan diekstradisi ke New South Wales untuk menghadapi tuntutan lebih lanjut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home