Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:50 WIB | Sabtu, 02 Oktober 2021

Mantan Presiden Georgia Ditangkap Ketika Kembali ke Negaranya

Foto yang diambil dari video yang dirilis oleh Layanan Pers Kementerian Dalam Negeri Georgia, petugas Polisi Georgia mengawal mantan Presiden Mikheil Saakashvili setelah dia ditangkap di Rustavi, Georgia, Jumat, 1 Oktober 2021. (Foto: Layanan Pers Kementerian Dalam Negeri Georgia via AP)

TBILISI, SATUHARAPAN.COM-Mantan Presiden Georgia, Mikheil Saakashvili, ditangkap setelah kembali ke Georgia, kata pemerintah, hari  Jumat (1/10). Ini sebuah langkah yang dilakukan ketika mantan pemimpin itu berusaha memobilisasi pendukung menjelang pemilihan kota nasional yang dianggap penting bagi susunan politik negara itu.

Pengumuman oleh Perdana Menteri, Irakli Garibashvili, disampaikan beberapa jam setelah Saakashvili, yang dihukum secara in absentia atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan telah tinggal di Ukraina dalam beberapa tahun terakhir, memposting di Facebook bahwa ia kembali ke negara itu.

Rincian penangkapan belum jelas, tetapi TV Georgia pada Jumat malam menyiarkan video Saakashvili diborgol, dengan senyum lebar di wajahnya, ditahan oleh polisi.

Dalam video Facebook sebelumnya, Saakashvili mengatakan dia berada di Batumi, pelabuhan dan resor Laut Hitam yang merupakan kota terbesar kedua di Georgia. Pejabat Georgia pada hari sebelumnya telah membantah dia berada di negara itu.

Dalam unggahannya, Saakashvili mengatakan pemilihan hari Sabtu adalah “penting” bagi Georgia dan telah menyerukan unjuk rasa di Tbilisi pada hari Minggu, dan berjanji untuk bergabung.

Upaya Saakashvili untuk mengumpulkan warga Georgia dapat mengubah rencana partai yang berkuasa untuk mengamankan dominasi dalam pemungutan suara untuk wali kota dan majelis lokal yang secara luas dianggap sebagai mosi percaya pada pemerintah nasional dan dapat memicu pemilihan awal tahun depan.

Senyuman Saakashvili dalam tahanan polisi menggarisbawahi kegemarannya pada drama publik, terutama saat ia berani masuk ke tempat-tempat yang tidak disukai.

Dia pertama kali mendapat perhatian internasional dalam protes Revolusi Mawar 2003 ketika dia memimpin kerumunan demonstran yang masuk ke sesi parlemen, memaksa Presiden Eduard Shevardnadze untuk melarikan diri; Shevardnadze, mantan menteri luar negeri Soviet, mengundurkan diri sehari kemudian.

Pada 2017, ia memaksa masuk dengan kerumunan pendukung ke Ukraina dari Polandia, setelah kewarganegaraan Ukrainanya dicabut.

Dengan kembali ke Georgia meskipun dia menghadapi penangkapan tertentu, Saakashvili juga menggemakan pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, yang kembali ke Moskow dari Jerman pada Januari, ditangkap pada saat kedatangan dan kemudian dikirim ke penjara.

Saakashvili adalah presiden pada 2004-2013 dan terkenal karena upaya energiknya melawan korupsi endemik Georgia, tetapi orang Georgia menjadi semakin tidak nyaman dengan apa yang mereka lihat sebagai kecenderungan otoriternya dan perilakunya yang terkadang lincah.

Saakashvilii meninggalkan negara itu segera setelah pemilihan 2013, di mana ia tidak dapat mencalonkan diri, dimenangkan oleh kandidat dari Georgian Dream.

Pada tahun 2018, pengadilan Georgia memvonis dan menghukumnya hingga enam tahun penjara.

Saakashvili pindah ke Ukraina, di mana ia menjadi gubernur wilayah Odesa yang dilanda korupsi, dan memperoleh kewarganegaraan Ukraina, yang menghapus kewarganegaraan Georgia-nya. Namun, ia berselisih dengan Presiden Petro Poroshenko saat itu, mengundurkan diri dari jabatannya dan dicabut kewarganegaraan Ukrainanya.

Dia memaksa kembali ke Ukraina pada tahun 2017, tetapi akhirnya dideportasi ke Polandia. Setelah penerus Poroshenko, Volodymyr Zelensky, berkuasa, Saakashvili kembali ke Ukraina dan diangkat ke posisi teratas memerangi korupsi.

"Zelenskyy prihatin dengan berita ini," kata juru bicaranya Serhiy Nikiforov. "Ukraina memohon kepada Georgia untuk penjelasan tentang semua keadaan dan alasan langkah ini sehubungan dengan warga Ukraina ini."

Kantor kejaksaan Georgia mengatakan sebuah kasus telah dibuka terhadap Saakashvili karena secara ilegal melintasi perbatasan, meskipun dasar untuk tuduhan tersebut tidak jelas karena warga Ukraina tidak memerlukan visa untuk memasuki Georgia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home