Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:55 WIB | Sabtu, 02 Oktober 2021

Arab Saudi Gagalkan Penyelundupan 12 Juta Pil Captagon

12 Juta pil captagon dan biji kakao yang diselundupkan ke Arab Saudi. (Foto: Al Arabiya)

JEDDAH, SATUHARAPAN.COM-Otoritas Zakat, Pajak, dan Kepabeanan di Pelabuhan Jeddah, Arab Saudi, menggagalkan upaya penyelundupan pil captagon amfetamin dalam jumlah besar, lebih dari 12 juta pil, yang ditemukan tersembunyi dalam kiriman biji kakao.

Pihak berwenang menjelaskan, proses penyitaan terjadi setelah pengiriman kakao menjalani prosedur kepabeanan dan terdeteksi melalui teknik pengamanan di pelabuhan. Namun tidak dijeaskan pihak yang terlibat dan negara asal pil tersebut.

Pil captagon disembunyikan di dalam biji kakao. Otoritas Zakat, Pajak, dan Kepabeanan menegaskan bahwa mereka terus memperketat kontrol bea cukai atas impor dan bahwa mereka mendukung upaya memberantas penyelundupan.

Pihak berwenang, menerima laporan terkait kejahatan, penyelundupan, dan pelanggaran ketentuan sistem pabean terpadu secara rahasia. Penghargaan finansial diberikan kepada pelapor dalam hal informasi pemberitahuan itu benar.

Captagon digunakan oleh pejuang dalam perang karena efeknya pada mengatasi kelelahan. Ini adalah amfetamin yang telah banyak dibuat dan diekspor secara ilegal dari Lebanon.

Pejabat Lebanon berjanji untuk berbuat lebih banyak untuk memerangi penyelundupan narkoba ke luar negeri setelah Arab Saudi memerintahkan larangan semua produk impor dari Beirut.

Hubungan antara Beirut dan Riyadh telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir menyusul kebangkitan kelompok Hizbullah dan peningkatan pengaruhnya atas negara Lebanon dan lembaga-lembaganya. Hizbullah terus mendukung milisi Houthi Yaman, yang menyerang Arab Saudi dan warga sipil di Arab Saudi hampir setiap hari. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home