Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 13:21 WIB | Kamis, 31 Agustus 2023

Masjid di New York Tak Perlu Lagi Izin untuk Kumandangkan Azan

Jamaah di lingkungan East Harlem, New York, mengambil bagian dalam salat tahunan tradisional memperingati akhir Ramadhan, di depan Masjid Aqsa-Salam, pada 17 Juli 2015. Walikota New York, Eric Adams, mengumumkan pedoman baru pada hari Selasa, 29 Agustus. 2023, mengizinkan masjid untuk mengumandangkan azan pada hari Jumat dan saat matahari terbenam selama bulan suci Ramadhan. (Foto : dok. AP/Bryan R. Smith)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Muslim New York, akan lebih leluasan mengumandang azan di Kota New York berdasarkan pedoman yang diumumkan pada hari Selasa (29/8) oleh wali kota Eric Adams, yang menurut dia ituharus menumbuhkan semangat inklusivitas.

Berdasarkan aturan baru, kata Adams, masjid tidak memerlukan izin khusus untuk mengumandangkan azan, atau azan pada hari Jumat, dan saat matahari terbenam (magrib) selama bulan Ramadhan. Hari Jumat adalah hari suci Islam tradisional, dan umat Islam berbuka puasa saat matahari terbenam selama bulan Ramadhan.

Biro Urusan Masyarakat di departemen kepolisian akan bekerja sama dengan masjid-masjid untuk mengkomunikasikan pedoman baru tersebut dan memastikan bahwa perangkat yang digunakan untuk menyuarakan azan diatur pada tingkat desibel yang sesuai, kata Adams. Rumah ibadah dapat menyiarkan hingga 10 desibel melebihi tingkat kebisingan sekitar, kata kantor wali kota.

“Sudah terlalu lama, ada perasaan bahwa komunitas kita tidak diperbolehkan mengumandangkan azan,” kata Adams. “Hari ini, kami memotong birokrasi dan menyatakan dengan jelas bahwa masjid dan rumah ibadah bebas mengumandangkan azan pada hari Jumat dan selama Ramadhan tanpa memerlukan izin.”

Didampingi oleh para pemimpin Muslim pada konferensi pers di Balai Kota, Adams mengatakan warga Muslim New York “tidak akan hidup dalam bayang-bayang impian Amerika ketika saya menjadi wali kota kota New York.”

Azan adalah bunyi yang akrab di negara-negara mayoritas Muslim tetapi lebih jarang terdengar di Amerika Serikat.

Para pejabat di Minneapolis menjadi berita tahun lalu ketika mereka mengizinkan masjid-masjid menyiarkan azan secara publik.

Azan menyatakan bahwa Tuhan itu Maha Besar dan menyatakan Nabi Muhammad sebagai utusannya. Peraturan ini menganjurkan laki-laki, perempuan tidak diwajibkan, untuk pergi ke masjid terdekat lima kali sehari, yang merupakan salah satu dari Lima Rukun Islam.

“Suara azan bukan sekadar azan; ini adalah seruan untuk persatuan, refleksi, dan komunitas,” Afaf Nasher, direktur eksekutif Dewan Hubungan Amerika-Islam cabang New York, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Kami percaya bahwa tindakan ini akan berkontribusi pada pemahaman dan apresiasi yang lebih besar terhadap nilai-nilai dan tradisi komunitas Muslim.”

Somaia Ferozi, kepala Sekolah Islam Ideal di Queens, mengatakan peraturan baru Kota New York mengirimkan pesan positif kepada siswanya. “Anak-anak kami diingatkan akan siapa diri mereka ketika mendengar azan,” kata Ferozi yang menghadiri konferensi pers Adams. “Mendapatkan gaung seperti itu di lingkungan Kota New York akan membuat mereka merasa menjadi bagian dari komunitas yang mengakui mereka.”

Adams, seorang Demokrat, memiliki hubungan dekat dengan para pemimpin agama dari berbagai tradisi dan telah mempromosikan peran agama dalam kehidupan publik.

Dia kadang-kadang membuat khawatir kelompok libertarian sipil dengan mengatakan dia tidak percaya pada pemisahan gereja dan negara.

“Negara adalah tubuh. Gereja adalah jantungnya,” kata Adams pada acara sarapan antar agama awal tahun ini. “Jika jantung dikeluarkan dari tubuh, maka tubuh akan mati.”

Seorang juru bicara wali kota mengatakan pada saat itu bahwa Adams hanya bermaksud bahwa iman memandu tindakannya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home