Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 09:32 WIB | Sabtu, 02 September 2023

PGI Kecam Pembubaran Ibadah Keluarga Jemaat GBI Sola Gratia Padang

Disebutkan aksi pembubaran itu disertai ancaman pembunuhan.
Pembubaran kegiatan ibadah keluarga jemaat GBI Sola Gratia Padang. (Foto: PGI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengecam dengan keras tindakan anarkis dalam pembubaran ibadah keluarga Kristen yang sudah mengarah kepada ancaman pembunuhan di Sumatera Barat.

Dalam situs webnya, hari Rabu (30/8), PGI mengungkapkan mencermati potongan video yang beredar luas, dan informasi lapangan yang diterima langsung dari Ketua PGI Wilayah Sumatera Barat, dan jaringan advokasi Hak Asasi Manusia di Padang, mengenai pembubaran kegiatan ibadah keluarga jemaat GBI Sola Gratia Padang.

Ibadan itu disebutkan berlangsung di Jln. Banuaran Nagari Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, RT 13, RW IV, Kelurahan Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota: Padang, Sumatera Barat.

Disebutkan pembubaran disertai teror dan ancaman pembunuhan oleh oknum tertentu, perilaku anarkis dengan membawa senjata tajam sambil mengeluarkan ancaman pembunuhan, saat membubarkan ibadah keluarga. Video itu juga telah beredar luas dan menimbulkan keresahan di kalangan umat Kristen.

Terhadap peristiwa ini, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia menyatakan:

  1. Mengecam dengan keras tindakan anarkis dalam pembubaran ibadah keluarga Kristen yang sudah mengarah kepada ancaman pembunuhan.
  2. Tindakan seperti ini sangat bertentangan dengan amanat konstitusi, serta menistakan nilai dan ajaran agama apa pun yang mengedepankan cinta, keadilan, dan kedamaian.
  3. Pihak kepolisian segera menindak tegas pelaku yang telah mempertontonkan ancaman pembunuhan secara vulgar untuk menghentikan ibadah keluarga dimaksud, sehingga tidak menjadi preseden buruk di kemudian hari dan memperluas keresahan di masyarakat.
  4. Upaya-upaya musyawarah dan dialog perlu tetap dijaga dan dikembangkan, seiring dengan penegakan hukum terhadap tindakan-tindakan yang telah menyentuh ranah pidana terhadap kasus ini.
  5. Hendaknya mediasi yang dilakukan oleh aparat keamanan dan Muspida setempat tidaklah malah menekan korban yang justru menyebabkan korban mengalami intimidasi berlapis.

PGI meminta umat Kristen untuk tetap tenang dan mengedepankan proses hukum kepada aparat kepolisian.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home