Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Rabu, 02 Agustus 2023

Serangan Bom Bunuh Diri pada Pertemuan Parpol Islam Pakistan, 54 Tewas

Petugas polisi memeriksa lokasi ledakan bom di distrik Bajaur di Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa, Pakistan, pada hari Senin, 31 Juli 2023. (Foto: AFP)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Sedikitnya 54 orang tewas dan hampir 200 lainnya luka-luka pada hari Minggu (30/7) akibat serangan bom bunuh diri di sebuah pertemuan politik partai Islam terkemuka di barat laut Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan, kata para pejabat.

Ledakan itu menargetkan partai Jamiat Ulema-e-Islam-F (JUI-F), mitra koalisi pemerintah yang dipimpin oleh seorang ulama berpengaruh, saat ratusan pendukung ulama garis keras Pakistan dan pemimpin partai politik, Fazlur Rehman, berkumpul di bawah kanopi di kota Khar, di distrik Bajur.

Distrik Bajur dekat perbatasan Afghanistan adalah kubu Taliban Pakistan, sekutu dekat pemerintah Taliban Afghanistan, sebelum tentara Pakistan mengusir para militan keluar dari daerah itu.

Pejabat partai mengatakan Rehman tidak hadir dalam rapat umum tersebut tetapi penyelenggara menambahkan tenda karena begitu banyak pendukung yang hadir, dan relawan partai dengan pentungan membantu mengendalikan massa.

Para pejabat mengumumkan kedatangan Abdul Rasheed, pemimpin partai Jamiat Ulama Islam, ketika bom meledak dalam salah satu serangan paling berdarah di Pakistan dalam beberapa tahun terakhir.

"Tenda itu roboh di satu sisi, menjebak orang-orang yang mati-matian berusaha melarikan diri," kata Abdullah Khan, yang berusaha membantu para korban.

"Ada kebingungan total, dengan anggota tubuh, dan bagian tubuh manusia tersebar di seluruh area, di samping tubuh tak bernyawa."

Sabeeh Ullah, seorang pendukung partai berusia 24 tahun yang lengannya patah akibat ledakan itu, mengatakan tingkat cederanya sangat mengerikan. "Saya menemukan diri saya terbaring di samping seseorang yang telah kehilangan anggota tubuhnya. Udara dipenuhi dengan bau daging manusia," katanya kepada AFP melalui telepon.

Ketika jumlah korban terus meningkat, Riaz Anwar, menteri kesehatan untuk provinsi Khyber Pakhtunkhwa, mengatakan kepada AFP pada Minggu malam bahwa 44 orang telah dipastikan tewas dan lebih dari 100 orang terluka.

"Itu adalah serangan bunuh diri, dengan pelaku meledakkan dirinya di dekat panggung," katanya kepada AFP. Media Pakistan mengatakan ada sekitar 400 orang di tenda pada saat ledakan, dan beberapa kru darurat sedang bekerja di tempat kejadian.

Gambar-gambar dari lokasi ledakan yang beredar di media sosial menunjukkan mayat berserakan, dan para relawan membantu korban yang berlumuran darah ke ambulans.

Majelis nasional Pakistan akan dibubarkan dalam beberapa pekan ke depan menjelang pemilihan yang diharapkan pada bulan Oktober atau November, dan partai-partai politik sudah bersiap untuk berkampanye.

Ledakan itu bertepatan dengan kunjungan delegasi senior pejabat China ke negara itu, termasuk Wakil Perdana Menteri He Lifeng, yang tiba di ibu kota pada hari Minggu malam.

Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif, mengutuk ledakan hari Minggu di media sosial, menyampaikan belasungkawa kepada para korban dan bersumpah untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab.

Negara Islam Lokal Kembali Aktif

Polisi provinsi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri yang meledakkan rompi bahan peledaknya di dekat panggung tempat beberapa pemimpin senior partai itu duduk.

Penyelidikan awal menunjukkan kelompok Negara Islam (ISIS), yang beroperasi di Afghanistan dan merupakan musuh Taliban Afghanistan, mungkin berada di balik serangan itu, dan petugas masih menyelidiki.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi cabang lokal IS baru-baru ini melakukan serangan terhadap JUI-F.

Tahun lalu, ISIS mengatakan berada di balik serangan kekerasan terhadap ulama yang berafiliasi dengan partai tersebut, yang memiliki jaringan besar masjid dan madrasah di utara dan barat negara itu.

Kelompok jihad menuduh JUI-F munafik karena menjadi kelompok Islam sambil mendukung pemerintah dan militer yang bermusuhan.

Pemimpin partai tersebut, Fazlur Rehman, memulai kehidupan politik sebagai seorang Islamis garis keras yang berapi-api tetapi telah melunakkan citra publiknya selama bertahun-tahun dalam upaya menjalin aliansi dengan partai-partai sekuler di kiri dan kanan.

Dengan kemampuan memobilisasi puluhan ribu siswa madrasah, partainya tidak pernah mendapatkan dukungan yang cukup untuk kekuasaannya sendiri, tetapi biasanya menjadi pemain kunci dalam koalisi mana pun.

Kelompok Taliban yang tumbuh di dalam negeri Pakistan, Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), yang sebagian besar mengarahkan serangannya terhadap pejabat keamanan, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke The Associated Press bahwa pemboman itu ditujukan untuk membuat para Islamis saling bermusuhan.

Zabiullah Mujahid, juru bicara Taliban Afghanistan, mengatakan di platform media sosial X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa "kejahatan semacam itu tidak dapat dibenarkan dengan cara apa pun."

Perebutan kekuasaan Taliban Afghanistan di Afghanistan pada pertengahan Agustus 2021 memperkuat TTP. Mereka secara sepihak mengakhiri perjanjian gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan pada November, dan meningkatkan serangan di seluruh negeri.

Pada bulan Januari, seorang pembom bunuh diri yang terkait dengan Taliban Pakistan meledakkan dirinya di sebuah masjid di dalam kompleks polisi di kota barat laut Peshawar, menewaskan lebih dari 80 petugas.

Serangan militan telah difokuskan di daerah yang berbatasan dengan Afghanistan, dan Islamabad menuduh beberapa serangan sedang direncanakan di tanah Afghanistan, tuduhan yang dibantah oleh Kabul.

Pakistan pernah dilanda pemboman hampir setiap hari, tetapi operasi pembersihan militer besar-besaran di bekas daerah kesukuan yang dimulai pada tahun 2014 sebagian besar memulihkan ketertiban.

Tujuh distrik terpencil yang berbatasan dengan Afghanistan, di mana Bajaur adalah salah satunya, kemudian berada di bawah kendali otoritas Pakistan setelah pengesahan undang-undang pada tahun 2018.

Analis mengatakan militan di bekas daerah kesukuan menjadi lebih berani sejak kembalinya Taliban Afghanistan.

Seorang analis keamanan menyarankan serangan hari Minggu lebih mungkin terkait dengan pemilu daripada memiliki motif sektarian.

"Ini adalah bagian dari kekerasan terorisme yang tampaknya meningkat di Pakistan menjelang pemilu untuk menciptakan ketidakstabilan yang pada akhirnya dapat menyebabkan penundaan pemilu," kata Imtiaz Gul, direktur eksekutif Pusat Riset dan Kajian Keamanan. (AFP/AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home