Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 09:36 WIB | Selasa, 17 Oktober 2017

Matakin Gelar Dialog Agama Islam - Khonghucu

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Dok satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) menggelar dialog Agama Islam – Khonghucu di Jakarta, pada Senin (16/10). Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian perayaan Zhisheng Dan, Hari Lahir Nabi Agung Kongzi 2568.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai, dialog antarumat beragama  penting karena bisa menjadi ruang bagi setiap umat untuk memahami substansi/esensi agamanya dan saling belajar terhadap substansi dan esensi agama yang berbeda. Dari situ diharapkan muncul sikap toleransi dan saling menghargai antarsesama pemeluk agama.

Menurut Menag, peran agama sangat penting dalam menjaga peradaban dunia serta mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian. Namun demikian, konflik bisa muncul jika umat beragama tidak mampu menangkap esensi atau substansi dari ajaran agamanya.

“Konflik-konflik di dunia yang sering kali mengatasnamakan agama lebih disebabkan karena ketidaktahuan di antara mereka yang berkonflik terkait substansi/ esensi ajaran agama,” kata Menag.

Dialog agama Islam – Khonghucu mengangkat tema “Membangun Harmoni dan Jalan Tengah untuk Mewujudkan Kesejahteraan dan Perdamaian Dunia”. Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Sekjen Kemenag Nur Syam, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Islam Indonesia Jimly Asshidiqie, Imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Dede Rosyada, Ketua Dewan Rohaniawan Matakin Xs Djaengrana Ongawijaya, Ketua Umum Matakin Uung Sendana L Linggaraja, serta tokoh-tokoh agama Islam dan Khonghucu lainnya.

Selain dialog antar agama, perayaan Zhisheng Dan 2568 ini juga dimeriahkan dengan Sembahyang Zhisheng Dan 2568 di Kong Miao, dan Kongres Agama Khonghucu Dunia 2017.

Kongres diikuti peserta dari  Amerika Serikat, Kosta Rika, Australia, Inggris, Italia, Jerman, Mesir, Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Macau, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, selain Indonesia. (kemenang.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home