Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:02 WIB | Selasa, 27 Februari 2024

Mediator Capai Kemajuan Kesepakatan Gencatan Senjata Israel-Hamas

Mantan sandera Ilana Grisewsky, tengah, ikut serta dalam protes yang menyerukan pemerintah Israel untuk mengembalikan sisa korban penculikan yang ditahan oleh Hamas di Gaza pada Sabtu, 22 Februari 2024. Para pengunjuk rasa bergabung dengan demonstran anti pemerintah, sehingga polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan massa. (Foto: AP/Ohad Zwigenberg)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM-Mediator mencapai kemajuan dalam kesepakatan gencatan senjata selama beberapa pekan antara Israel dan Hamas dan pembebasan puluhan sandera yang ditahan di Gaza serta warga Palestina yang dipenjara oleh Israel, media Israel melaporkan pada hari Minggu (25/2).

Kabinet Perang Israel bertemu untuk membahas usulan tersebut pada hari Sabtu (24/2) malam, namun belum ada pernyataan resmi mengenai apa yang telah mereka putuskan. Beberapa media Israel, mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya, mengatakan pihaknya secara diam-diam menyetujui kesepakatan tersebut dan bahwa Israel akan mengirim delegasi ke Qatar untuk diskusi lebih lanjut.

Hamas mengatakan mereka belum terlibat dalam proposal terbaru yang dikembangkan oleh Amerika Serikat, Mesir dan Qatar, namun garis besar yang dilaporkan sebagian besar sesuai dengan tuntutan mereka sebelumnya untuk tahap pertama gencatan senjata. Pemimpin politik utama Hamas, Ismail Haniyeh, berada di Kairo pekan lalu.

Sementara itu, Israel sedang mengembangkan rencana untuk memperluas serangannya ke kota paling selatan Rafah, di perbatasan Gaza-Mesir, di mana lebih dari separuh penduduk wilayah tersebut yang berjumlah 2,3 juta jiwa mencari perlindungan di kamp-kamp tenda yang kumuh, apartemen-apartemen yang penuh sesak, dan tempat penampungan yang penuh sesak. Kelompok-kelompok bantuan telah memperingatkan akan adanya bencana dan AS serta sekutu Israel lainnya mengatakan mereka harus menghindari kerugian terhadap warga sipil.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan dia akan mengadakan pertemuan Kabinet pekan ini untuk “menyetujui rencana operasional tindakan di Rafah,” termasuk evakuasi warga sipil.

Pertempuran sengit masih berlangsung di beberapa bagian Gaza utara, yang merupakan target pertama serangan tersebut, dimana tingkat kerusakan yang ditimbulkan sangat besar. Warga melaporkan pertempuran sengit selama berhari-hari di lingkungan Zaytoun di Kota Gaza, yang berlanjut hingga hari Minggu (25/2)pagi.

“Kami terjebak, tidak dapat bergerak karena banyaknya pemboman,” kata Ayman Abu Awad, seorang warga di daerah tersebut.

Ia mengatakan warga yang kelaparan terpaksa memakan pakan ternak dan mencari makanan di gedung-gedung yang dibongkar. Gaza Utara sebagian besar terputus dari pengiriman bantuan sejak awal perang, dan Program Pangan Dunia (WFP) PBB menghentikan pengiriman bantuan pekan lalu.

Menuju Gencatan Senjata dan Pembebasan Sandera

Seorang pejabat senior dari Mesir, yang bersama dengan Qatar adalah mediator antara Israel dan kelompok militan Hamas, mengatakan pada hari Sabtu (24/2) bahwa rancangan perjanjian gencatan senjata mencakup pembebasan hingga 40 perempuan dan sandera yang lebih tua dengan imbalan hingga 300 tahanan Palestina, kebanyakan perempuan, anak di bawah umur dan orang tua.

Pejabat Mesir, yang berbicara tanpa menyebut nama saat membahas perundingan tersebut, mengatakan bahwa usulan jeda pertempuran selama enam pekan akan mencakup izin ratusan truk untuk membawa bantuan yang sangat dibutuhkan ke Gaza setiap hari, termasuk bagian utara wilayah yang terkepung. Dia mengatakan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan perundingan selama jeda untuk pembebasan lebih lanjut dan gencatan senjata permanen.

Kantor perdana menteri tidak menanggapi permintaan komentar mengenai diskusi Kabinet Perang atau laporan media Israel.

Para perunding menghadapi tenggat waktu tidak resmi untuk dimulainya bulan suci Ramadhan sekitar tanggal 10 Maret, periode yang sering kali menyaksikan meningkatnya ketegangan Israel-Palestina.

Hamas mengatakan mereka tidak akan melepaskan semua sandera yang tersisa sampai Israel mengakhiri serangannya dan menarik pasukannya dari wilayah tersebut, dan juga menuntut pembebasan ratusan tahanan Palestina, termasuk militan senior – syarat yang ditolak keras oleh Netanyahu.

Namun proposal sebelumnya dari Hamas menguraikan fase awal yang mirip dengan rancangan perjanjian yang dilaporkan, yang mengindikasikan kedua belah pihak mungkin bisa sepakat untuk melakukan gencatan senjata sementara.

Keluarga Sandera Sedang Menunggu

Israel menyatakan perang setelah serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, yang menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 250 orang. Lebih dari 100 sandera dibebaskan dalam gencatan senjata dan kesepakatan pertukaran pada bulan November. Sekitar 130 lainnya masih ditahan, seperempat di antaranya diyakini tewas.

Keluarga para sandera mengikuti proses negosiasi dengan penuh harapan dan kesedihan.

“Rasanya seperti daftar Schindler. Apakah dia akan masuk dalam daftar atau tidak?” Shelly Shem Tov, ibu dari Omer, 21, yang ditawan, mengatakan kepada Radio Tentara Israel tentang peluang putranya untuk dibebaskan dalam kesepakatan yang akan datang.

Israel menanggapi serangan 7 Oktober dengan serangan udara dan darat besar-besaran yang telah memaksa sekitar 80% penduduk Gaza meninggalkan rumah mereka, menyebabkan ratusan ribu orang berisiko kelaparan dan penyebaran penyakit menular. Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan 29.692 warga Palestina telah tewas sejak dimulainya perang, dua pertiganya adalah wanita dan anak-anak.

Jumlah korban tewas di kementerian tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan. Israel mengatakan pasukannya telah membunuh lebih dari 10.000 militan, tanpa memberikan bukti.

Perang telah menghancurkan sektor kesehatan di wilayah tersebut, dengan kurang dari separuh rumah sakit bahkan hanya berfungsi sebagian karena banyaknya korban jiwa setiap harinya. dalam pemboman Israel.

Di Rumah Sakit Emirates di Rafah, tiga hingga empat bayi baru lahir ditempatkan di masing-masing 20 inkubatornya, yang dirancang hanya untuk satu bayi. Amal Ismail mengatakan dua hingga tiga bayi baru lahir meninggal dalam satu shift, sebagian karena banyak keluarga mereka tinggal di tenda saat cuaca hujan dan dingin.

“Tidak peduli seberapa banyak kita bekerja dengan mereka, semuanya sia-sia,” katanya. “Tidak ada peningkatan kesehatan karena kondisi tinggal di tenda.”

Netanyahu telah berjanji untuk berjuang sampai “kemenangan total,” tetapi berada di bawah tekanan kuat dari dalam negeri untuk mencapai kesepakatan dengan Hamas untuk membebaskan para sandera. Polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa anti-pemerintah di Tel Aviv Sabtu malam, dan 18 orang ditangkap. Yang lainnya melakukan protes di Yerusalem. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home