Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 13:44 WIB | Selasa, 11 November 2014

Menag Kembangkan Kerja Sama Indonesia - Arab Saudi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima kunjungan Atase Keagamaan Kedutaan Arab Saudi untuk Indonesia (Foto: kemenag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM -  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima kunjungan Atase Keagamaan Kedutaan Arab Saudi untuk Indonesia Syaikh Ibrahim Al Nughaimishy dan rombongan di kantor Kemenag, Jakarta, Senin (10/11).

Kunjungan tersebut dalam rangka mempererat hubungan antardua negara, khususnya Kementerian Agama Arab Saudi dan Kementerian Agama RI dalam bidang Keagamaan dan Budaya.

Menag melihat peran aktif Pemerintahan Arab Saudi dalam bidang Keagamaan dan Budaya dengan Pemerintah Indonesia selama ini sangatlah baik, bahkan telah memasuki tahun ke-16.

Sementara itu Syaikh Ibrahim juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia. Berkat dukungannya melalui Kementerian Agama, Pemerintah Arab Saudi telah banyak mendirikan lembaga bahasa Arab, lembaga pengkajian Alquran, bahkan membuka universitas di Sumatera Utara dalam mengembangkan ajaran dan budaya Islam di Indonesia. “Bahkan, saat ini sedang mempersiapkan pembangunan pusat bahasa di Makasar, Sulawesi Selatan,” kata Syaikh Ibrahim.

Selain memberikan program bantuan kepada masjid, perguruan tinggi Islam, pondok pesantren, lembaga bahasa Arab, dan organisasi masyarakat Islam lainya, Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia (Kementerian Agama) telah bekerja sama dalam membina dan mengirim dai-dai ke seluruh provinsi di Indonesia pada setiap bulan Ramadan, bahkan ke daerah terpencil dan luar negeri.

Menurut Syaikh Ibrahim, tokoh-tokoh agama, para dai, ustaz/ustazah yang berada di daerah terpencil patut mendapatkan perhatian yang lebih besar. Syaikh Ibrahim bahkan mengakui akan memberangkatkan para tokoh agama, dai, ustaz/ustazah untuk beribadah haji, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, yang terpenting belum pernah menunaikan ibadah haji. Ke depan, Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia, akan meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan.

Dalam kunjungan tersebut, Menag Lukman Hakim didampingi Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Euis Sri Mulyani, mengatakan atas nama Pemerintah Indonesia mengapresiasi kerja sama itu, dan berterima kasih atas peran aktif Pemerintah Arab Saudi dalam memberikan bantuan untuk pengembangan kebudayaan Islam di Tanah Air.

Menag berharap kunjungan Syaikh Ibrahim dapat lebih mengeratkan kerja sama dan memberikan kontribusinya kepada Pemerintah Indonesia, khususnya umat muslim di Tanah Air. (kemenag.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home