Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:59 WIB | Rabu, 19 Agustus 2015

Mendag Apresiasi Penurunan Impor Juli 2015

Menteri Perdagangan (keempat dari kiri) memberikan keterangan pers perkembangan ekspor impor di Kantor Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, Rabu (19/8). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mengapresiasi penurunan nilai impor pada bulan Juli 2015 sebesar USD 10,08 miliar jika dibandingkan pada bulan sebelumnya yang mencapai USD 12,97 miliar.

"Dari sisi makro penurunan impor ya sesuatu yang baik. Mengalami penurunan 22,36 persen dibandingkan bulan lalu (Juni 2015)," kata Thomas saat memberikan keterangan pers mengenai perkembangan ekspor impor di Kantor Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, Rabu (19/8).

Menurutnya penurunan impor inilah yang membuat neraca perdagangan pada bulan Juli 2015 surplus sebesar USD 1,33 miliar karena total ekspor pada bulan Juli 2015 sebesar USD 11,41 miliar.

"Kalau saya lihat neraca perdagangan bulan ini dan periode tujuh bulan (2015) sejauh ini sangat menyolok adalah tertolong dari colapse-nya impor dan ekspor yang membaik."

Selain itu, kata dia, faktor utama lainnya adalah kondisi global juga mempengaruhi negara-negara tujuan ekspor Indonesia masih setia sehingga permintaan terhadap ekspor barang dan jasa tetap ada meskipun berkurang.

"Itu tentunya tugas kita (Kemendag) bagaimana kita bisa segera melayani dengan baik kawan-kawan di industri yang berpotensi ekspor," kata dia.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home