Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:36 WIB | Selasa, 25 November 2014

Menhan AS Chuck Hagel Mengundurkan Diri

Presiden AS Barack Obama (kiri) dan Chuck Hagel berjabat tangan setelah mengumumkan pengunduran diri. (Foto: bbc.co.uk/AP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Chuck Hagel hari Senin (24/11) mengundurkan diri dari jabatannya setelah dia dikritik terkait performa operasi militer di Afghanistan dan perang melawan ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah/NIIS).

Pejabat kementerian pertahanan mengatakan Presiden Barack Obama telah menerima pengunduran diri Hagel.

Obama telah memastikan pengunduran diri Hagel dan memujinya sebagai seseorang yang memiliki "kelas dan integritas".

Mantan senator dan veteran perang Vietnam (68) itu akan bergabung dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih pada malam hari untuk mengumumkan pengunduran dirinya.

“Pada Oktober, Menteri Hagel mulai mengajukan pengunduran dirinya dari pemerintahan kepada presiden... Pengajuan itu sudah berlangsung selama beberapa pekan,” kata pejabat itu.  

“Penggantinya akan ditunjuk dalam waktu singkat, namun Menteri Hagel masih akan menjabat sebagai Menteri Pertahanan hingga calon penggantinya disetujui oleh Senat AS.” 

Pihak Gedung Putih tidak memberikan petunjuk mengenai calon pengganti Hagel di Pentagon, namun New York Times – yang melansir berita terkait pengunduran dirinya – menyebut tiga kandidat pengganti menteri pertahanan itu.

Mantan pejabat tinggi pertahanan Michele Flournoy kabarnya akan dicalonkan, bersama dengan Senator Jack Reed dari Rhode Island – mantan perwira militer – serta mantan wakil menteri pertahanan Ashton Carter.

Hagel yang mendukung invasi AS ke Irak pada 2003, kemudian menjadi pengkritik keras terhadap konflik yang berlarut-larut tersebut dan dipilih Obama sebagai menteri pertahanan pada tahun lalu untuk mengawasi penarikan mundur pasukan AS dari Afghanistan.(bbc.co.uk/AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home