Loading...
SAINS
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:31 WIB | Senin, 11 Januari 2016

Mensesneg dan Menteri LHK Bahas Badan Restorasi Gambut di KSP

Ilustrasi. (Foto: satuharapan.com)

JAKARTA. SATUHARAPAN.COM – Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menggelar rapat di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, hari Senin (11/1).

Pratikno menjelaskan pertemuan membicarakan persiapan pembentukan badan restorasi gambut dalam rangka mencegah peristiwa kebakaran hutan kembali terjadi di Indonesia.

"Kami membecirakan tentang persiapan untuk pembentukan badan restorasi gambut. Jadi pemerintah ingin agar permasalahan kebakaran hutan seperti yang terjadi kemarin tidak terulang kembali," kata Pratikno usai menggelar rapat di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, hari Senin (11/1).

Menurut dia, dalam dimensi kebakaran hutan, lahan gambut perlu mendapatkan perhatian secara khusus agar tidak mengalami kekeringan. Oleh karena itu, Pemerintah menilai diperlukan pembentukan badan restorasi gambut.

"Dalam dimensi kebakaran hutan itu ada lahan gambut yang memang perlu penanganan khusus. Jangan sampai gambut mengalami pengeringan, oleh karena itu dibentuk badan restorasi gambut," ucap Pratikno.

Meski demikian, dia mengakui pembentukan badan restorasi gambut belum memiliki payung hukum. Pratikno hanya mengatakan, Pemerintah mengusulkan badan itu nantinya berad di bawah koordinasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Yang kami sedang usulkan tentu saja di bawah koordinasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,"tuturnya.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home