Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:30 WIB | Minggu, 04 September 2022

Menteri ESDM: Pertamina Siapkan Sistem Distribusi BBM Agar Subsidi Tepat Sasaran

Menteri ESDM, Arifin Tasrif. (Foto: dok. satuharapan.com)

 JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, menyebutkan bahwa Pertamina sedang menyiapkan sistem distribusi BBM bersubsidi agar dapat tepat sasaran.

"Pertamina sedang menyiapkan sistem pengawasan pengaturan dengan digitalisasi. Diharapkan dengan metode ini, kita bisa lebih mempertajam ketepatan pemanfaatan BBM subsidi untuk yang membutuhkan," kata Arifin Tasrif di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (3/9).

Dalam konferensi pers bersama Presiden Joko Widodo, Arifin Tasrif mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsi Pertalite dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter, solar bersubsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800, dan Pertamax non subsidi dari Rp 12.500  menjadi Rp 14.500 per liter.

Harga baru itu berlaku mulaiSabtu, 3 September 2022 pukul 14.30 WIB.

"Harga minyak memang turun naik tiap hari jadi memang tidak bisa dijadikan patokan untuk jangka panjang mengenai ketepatan alokasi subsidi ini. Tadi disampaikan oleh Ibu Menkeu bahwa banyak dari masyarakat yang masih menggunakan BBM subsidi meskipun tergolong mampu. Ini tentu saja di lapangan akan dilakukan pengawasan," tambah Arifin.

Pemerintah mengalokasikan bantuan sosial sebesar Rp 24,17 triliun dari pengalihan subsidi BBM untuk bantuan sosial dalam tiga jenis bantuan.

Pertama, Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 20,65 juta kelompok masyarakat sebesar Rp 150 ribu sebanyak empat kali, dengan total anggaran Rp 12,4 triliun.

Kedua, bantuan subsidi upah sebesar Rp 600 ribu kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp 3,5 juta per bulan yang dibayarkan satu kali dengan anggaran Rp 9,6 triliun.

Ketiga, bantuan dari pemerintah daerah dengan menggunakan dua persen dari dana transfer umum yaitu Dana Alokasi Umum dan Dana Bagi Hasil sebanyak Rp 2,17 triliun dalam rangka membantu sektor transportasi seperti angkutan umum, ojek, nelayan dan bantuan tambahan perlindungan sosial.

Dalam konferensi pers diungkapkan bahwa belanja subsidi dan kompensasi yang dikucurkan pemerintah hingga Agustus 2022 sudah mencapai Rp 502,4 triliun, yang terdiri dari subsidi energi Rp 208,9 triliun dan kompensasi energi sebesar Rp 293,5 triliun.

Saat ini, kuota salah satu komoditas energi bersubsidi itu ialah Pertalite, yang tersisa enam juta kiloliter dari 23 juta kiloliter subsidi yang disepakati hingga akhir 2022. Dengan sisa kuota tersebut, Pemerintah memperkirakan Pertalite subsidi akan habis pada Oktober 2022.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home