Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 18:36 WIB | Sabtu, 16 April 2016

Menteri Spanyol Mundur Setelah Namanya Ada di Panama Papers

Menteri Industri Spanyol, Jose Manuel Soria (Foto: Reuters)

MADRID, SATUHARAPAN.COM - Pelaksana Tugas Menteri Perindustrian Spanyol, Jose Manuel Soria, mengundurkan diri pada hari Jumat (15/4) menyusul dugaan dirinya melakukan transaksi dan memiliki  perusahaan offshore di British Island. Informasi ini terungkap setelah namanya tercantum dalam Dokumen Panama atau Panama Papers, yang telah menjadi pembicaraan dunia dalam dua pekan ini.

Soria, yang membantah bahwa dirinya bersalah, mengatakan ia mengundurkan diri untuk membatasi kerusakan citra pemerintahan sementara yang dikendalikan oleh Partai Rakyat yang konservatif.

Reuters melaporkan berbagai laporan media lokal mengaitkannya dengan sebuah perusahaan offshore di British Island.

Televisi La Sexta dan situs berita El Confidencial mengklaim mereka memiliki dokumen yang menunjukkan Soria memimpin sebuah perusahaan offshore bersama dengan saudaranya.

Sebelumnya, media Spanyol pekan ini  melaporkan bahwa menurut Panama Papers, Soria menjadi salah satu  direktur UK Lines, sebuah perusahaan yang terdaftar di Bahama pada 1990-an.

Soria sempat membantah dan mengatakan ia tidak akan menghadiri dengar pendapat dengan parlemen untuk membahas "urusan bisnisnya." Ia bersikeras bahwa tercantumnya namanya di Panama Papers adalah sebuah kesalahan.

"Adalah benar-benar salah saya disebut memiliki hubungan dengan perusahaan apa pun yang  beroperasi dan berbasis di Panama, di Bahama atau di negara tax haven lainnya," kata dia, sebagaimana dikutip dari The New York Times.

Namun pada hari Kamis lalu  harian El Mundo mengungkapkan bahwa Soria dan saudaranya, sampai tahun 2002 menjadi dewan direksi sebuah perusahaan offshore lainnya, yang berbasis di English Channel island of Jersey, yang dikaitkan dengan aktivitas bisnis keluarganya. Ketika itu Soria adalah walikota Las Palmas, di Canara Islands.

Soria selama ini dikenal sebagai orang kepercayaan Perdana Menteri Mariano Rajoy, namun sampai saat ini sang PM belum berkomentar atas masalah ini.
 
"Kita Harus mengakhiri pemerintah yang memalukan ini," kata Pedro Sanchez, pemimpin partai oposisi yang berhaluan Sosialis.

Namun, Martinez-Maillo dari Partai Rakyat, membela Soria. Menurut dia Soria tidak melakukan kesalahan maupun kejahatan keuangan.

"Di Spanyol, dimana orang sering mengatakan tidak ada yang mau mengundurkan diri, ini menjadi contoh yang jelas," kata Martinez-Maillo.

Pemerintah mengatakan Plt Menteri Ekonomi, Luis de Guindos, akan mengambil alih sementara posisi menteri perindustrian.

Pengunduran diri Soria terjadi di tengah kemungkinan Spanyol menyelenggarakan pemilu kedua pada bulan Juni setelah pemilu pada Desember berakhir tanpa hasil yang konklusif.

Jajak pendapat terbaru penunjukkan Partai Rakyat mendapat posisi kuat meskipun serangkaian skandal korupsi regional tahun lalu melibatkan politisi partai itu. Keunggulan ini disebabkan kegagalan partai sayap kiri yang tidak mampu mengabaikan perbedaan di antara mereka sehingga tak sanggup membentuk pemerintahan koalisi.

Panama Papers yang merupakan dokumen yang bocor milik firma hukum berbasis di Panama, Mossack Fonseca, telah mempermalukan sejumlah pemimpin dunia dengan pengungkapan sejumlah perusahaan offshore milik mereka atau dikaitkan dengan mereka.

Perusahaan offshore sering disebut sebagai perusahaan cangkang, atau perusahaan boneka yang dipergunakan untuk menyembunyikan kekayaan dan menghindari membayar pajak, di negara-negara yang sering dikenal sebagai tax haven, atau negara perlindungan pajak.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home