Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:49 WIB | Sabtu, 04 Maret 2017

Merkel dan Trump Diusahakan Bertemu di Washington 14 Maret

Sebuah foto dokumentasi yang menggambarkan Presiden AS kala itu, Barack Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel berbincang-bincang saat upacara pembukaan Hannover Messe Trade Fair Opening di Hannover, Jerman, 24 April 2016. (Foto: Jim Watson/AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Kanselir Angela Merkel berencana mengadakan pertemuan perdananya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington pada 14 Maret, kata narasumber pemerintah Jerman kepada AFP pada Jumat (03/03).

“Rencana itu sedang diusahakan,” kata narasumber tersebut. Secara terpisah, juru bicara pemerintah Steffen Seibert mengatakan bahwa “kami tidak menyangkal” pemberitaan mengenai rencana pertemuan itu.

Meskipun mantan presiden AS Barack Obama menyebut Merkel sebagai “mitra yang luar biasa,” jarang terjadi kontak antara pemimpin Jerman itu dan Trump sejak dia menjabat.

Setelah pemilihan mengejutkan Trump, Merkel mengingatkan miliarder tersebut akan nilai-nilai demokrasi dalam percakapan telepon pertama mereka.

Setiap “kerja sama yang erat” harus berlandaskan “nilai-nilai demokrasi, kebebasan, penghormatan terhadap supremasi hukum dan martabat manusia, terlepas dari asal, warna kulit, agama, jenis kelamin, orientasi seksual atau keyakinan politik,” katanya saat itu.

Merkel juga mengkritik keputusan Trump yang berusaha melarang masuk warga dari tujuh negara mayoritas muslim ke Amerika Serikat.

Kemudian, Trump juga mengkritik kebijakan pengungsi liberal Merkel yang telah menyebabkan lebih dari satu juta pencari suaka datang ke Jerman sejak 2015.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home