Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:11 WIB | Jumat, 14 Juli 2023

Mesin Roket Meledak dalam Uji Coba oleh JAXA di Jepang

Ledakan terjadi selama uji pembakaran mesin Epsilon-S, sekitar pukul 09:00 waktu setempat hari Jumat (14/7) di Kota Noshiro, Prefektur Akita, Jepang. (Foto: Minoru Otsuka via The Japan News)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Sebuah mesin roket meledak selama uji coba di Jepang pada hari Jumat (15/7), tetapi tidak ada korban luka dalam insiden tersebut, kata seorang pejabat di Kementerian Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang.

Ledakan mesin Epsilon S di lokasi pengujian Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) di Jepang utara merupakan pukulan lebih lanjut bagi ambisi luar angkasa negara tersebut, menyusul serangkaian kegagalan awal tahun ini.

Ledakan itu terjadi sekitar satu menit setelah pengujian mesin tahap kedua, kata pejabat itu.

Tayangan televisi menunjukkan api keluar dari sisi fasilitas pengujian sebelum seluruh bangunan kecil dilalap api dan atapnya meledak.

Program luar angkasa Jepang telah mengalami sejumlah kemunduran baru-baru ini, termasuk kegagalan roket pengangkat menengahnya pada penerbangan debutnya di bulan Maret, ketika mesin tahap kedua tidak menyala seperti yang direncanakan. Peluncuran lain dibatalkan sebulan sebelumnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home