Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:56 WIB | Senin, 23 Oktober 2023

Mesir dan Yordania Khawatir Serangan Israel ke Gaza Dorong Gelombang Pengungsian

Peserta KTT Perdamaian Internasional berfoto bersama di Ibu Kota Baru Pemerintahan Mesir, di luar Kairo, Mesir, hari Sabtu (21/10). (Foto: Kantor Media Kepresidenan Mesir via AP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Mesir dan Yordania mengkritik keras Israel atas tindakannya di Gaza pada pertemuan puncak pada hari Sabtu (21/10), sebuah tanda bahwa dua sekutu Barat yang berdamai dengan Israel beberapa dekade lalu mulai kehilangan kesabaran dengan perang yang telah berlangsung selama dua pekan melawan Hamas.

Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sissi, yang menjadi tuan rumah KTT tersebut, sekali lagi menolak pembicaraan yang akan mendorong 2,3 juta warga Palestina di Gaza mengungsi ke Semenanjung Sinai, dan memperingatkan terhadap “likuidasi perjuangan Palestina.”

Sementara Raja Yordania, Abdullah II, menyebut pengepungan dan pemboman Israel di Gaza sebagai “kejahatan perang.”

Pidato-pidato tersebut mencerminkan meningkatnya kemarahan di wilayah tersebut, bahkan di antara mereka yang memiliki hubungan dekat dengan Israel dan sering bekerja sebagai mediator, ketika perang yang dipicu oleh serangan besar-besaran Hamas memasuki pekan ketiga dengan jumlah korban yang terus meningkat dan belum terlihat adanya akhir.

Mesir sangat prihatin dengan banyaknya warga Palestina yang masuk ke wilayahnya, hal yang dikhawatirkan akan, antara lain, sangat melemahkan harapan bagi terbentuknya negara Palestina. Pernyataan samar-samar dari beberapa politisi dan pejabat militer Israel yang menyatakan bahwa orang-orang meninggalkan Gaza telah membuat khawatir negara-negara tetangga Israel, begitu pula dengan perintah Israel bagi warga sipil Palestina untuk mengungsi ke selatan, menuju Mesir.

Dalam pidato pembukaannya, el-Sissi mengatakan Mesir dengan keras menolak “pengungsian paksa warga Palestina dan pemindahan mereka ke tanah Mesir di Sinai.”

“Saya ingin menyatakan dengan jelas dan tegas kepada dunia bahwa likuidasi perjuangan Palestina tanpa solusi yang adil adalah di luar kemungkinan, dan bagaimanapun juga, hal itu tidak akan pernah terjadi dengan mengorbankan Mesir, sama sekali tidak,” katanya.

Raja Yordania menyampaikan pesan yang sama, dengan menyatakan “penolakan tegas” terhadap perpindahan warga Palestina. Yordania telah menjadi tuan rumah bagi pengungsi Palestina dalam jumlah terbesar akibat perang Timur Tengah sebelumnya.

“Ini adalah kejahatan perang menurut hukum internasional, dan merupakan garis merah bagi kita semua,” katanya pada pertemuan puncak tersebut.

Pernyataan Mahmoud Abbas

Presiden Mahmoud Abbas, yang memimpin Otoritas Palestina (PA), sebuah pemerintahan yang menjalankan kontrol semi otonom di Tepi Barat yang diduduki, menyerukan Israel untuk menghentikan “agresi biadabnya” di Gaza. Dia juga memperingatkan terhadap upaya untuk mendorong warga Palestina keluar dari wilayah pesisir.

“Kami tidak akan pergi, kami tidak akan pergi, kami tidak akan pergi, dan kami akan tetap berada di tanah kami,” katanya pada pertemuan puncak tersebut.

Israel mengatakan pihaknya bertekad untuk menghancurkan penguasa Hamas di Gaza, namun tidak banyak bicara mengenai tujuan akhirnya.

Pada hari Jumat, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyusun rencana tiga tahap di mana serangan udara dan “maneuver”, yang diduga merujuk pada serangan darat, bertujuan untuk membasmi Hamas sebelum periode operasi pembersihan dengan intensitas lebih rendah. Kemudian, “rezim keamanan” baru akan dibentuk di Gaza bersamaan dengan “penghapusan tanggung jawab Israel atas kehidupan di Jalur Gaza,” kata Gallant.

Dia tidak mengatakan siapa yang akan memerintah Gaza setelah Hamas.

Sementara itu, Israel telah memerintahkan lebih dari separuh dari 2,3 juta warga Palestina di Gaza untuk mengungsi dari utara ke selatan di wilayah yang telah ditutup sepenuhnya, yang secara efektif mendorong ratusan ribu warga Palestina menuju perbatasan Mesir.

Amos Gilad, mantan pejabat pertahanan Israel, mengatakan ambiguitas Israel mengenai masalah ini membahayakan hubungan penting dengan Mesir. “Saya pikir perjanjian damai dengan Mesir sangat penting, sangat penting bagi keamanan nasional Israel dan Mesir serta seluruh struktur perdamaian di dunia,” katanya.

Gilad mengatakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu perlu berbicara langsung dengan para pemimpin Mesir dan Yordania, dan mengatakan secara terbuka bahwa warga Palestina tidak akan memasuki negara mereka.

Dua pejabat senior Mesir mengatakan hubungan dengan Israel telah mencapai titik didih.

Mereka mengatakan Mesir telah menyampaikan rasa frustrasinya atas komentar Israel mengenai pengungsian ke Amerika Serikat, yang menjadi perantara Kesepakatan Camp David pada tahun 1970-an. Kedua pejabat tersebut berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang memberi pengarahan kepada media.

Mesir khawatir eksodus besar-besaran akan berisiko membawa militan ke Sinai, tempat mereka mungkin melancarkan serangan terhadap Israel, sehingga membahayakan perjanjian perdamaian.

Negara-negara Arab juga khawatir akan terulangnya eksodus massal warga Palestina dari wilayah yang sekarang disebut Israel sebelum dan selama perang tahun 1948, ketika sekitar 700.000 orang melarikan diri atau diusir, sebuah peristiwa yang oleh warga Palestina disebut sebagai Nakba, atau bencana. Para pengungsi dan keturunan mereka, yang kini berjumlah hampir enam juta jiwa, tidak pernah diizinkan kembali.

Pada pertemuan hari Sabtu, kemarahan melampaui ketakutan akan pengungsian massal.

Kedua pemimpin mengutuk serangan udara Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 4.300 warga Palestina, termasuk banyak warga sipil, menurut otoritas kesehatan di Gaza. Israel mengatakan mereka hanya menyerang sasaran Hamas dan mematuhi hukum internasional.

Perang ini dipicu oleh serangan besar-besaran Hamas ke Israel selatan pada 7 Oktober yang menewaskan lebih dari 1.400 orang, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil.

Abdullah, yang merupakan salah satu sekutu terdekat Barat di wilayah tersebut, menuduh Israel melakukan “hukuman kolektif terhadap orang-orang yang terkepung dan tidak berdaya.”

“Ini merupakan pelanggaran mencolok terhadap hukum humaniter internasional. Itu adalah kejahatan perang,” katanya.

Ia kemudian menuduh komunitas internasional mengabaikan penderitaan warga Palestina, dengan mengatakan bahwa mereka telah mengirimkan “pesan yang keras dan jelas” kepada dunia Arab bahwa “nyawa warga Palestina tidak begitu berarti dibandingkan nyawa warga Israel.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home